Minggu, 01 April 2012

Harapan Baru Musik Indonesia

Sebenernya dari dulu gue mau nulis tentang Musik lagi, tapi momentumnya keburu ilang. Sialan. Dan akhirnya momentum itu kembali lagi setelah gue nonton sebuah telaah Industri Musik Indonesia sekarang.
Yak keadaannya kayak gini lah. Gue sangat inget sekali saat Kangen Band booming, itu bagi gue sebuah malapetaka yang besaaarrrr sekali. Ibaratnya gini deh, KAYAK GAK ADA BAND BAGUS BUAT DIJUAL AJA. Ya kan?!
Kenapa Kangen? Karena musikalitas mereka itu (waktu dulu) sama sekali gak berkualitas! Skill mereka masih sangat sangat perlu diasah waktu itu. Hhhh. Musik melayu melayu pun muncul semacam ST12, Wali, dan yang paling baru nih d Bagindaz.
Gue baru nyadar dan sangat bersyukur dulu itu dMasiv booming. Lalu disusul sama Geisha, menempatkan mereka pada posisi yang tidak biasa pada Industri Musik Indonesia.
Kenapa? Karena 2 band ini adalah jebolan A Mild Live Wanted yang selalu diadain setiap tahun. Kebayang kan, band festival dengan penuh konsep dan persiapan sama kompetisi besar macam A Mild Live Wanted. Temen gue di Sampit sampe bela-belain buat ikut A Mild Live Wanted, tapi sayangnya gue gak denger lagi suara dari A Mild Live Wanted.
Kemudian sempet waktu itu juga hadir lagu fenomenal tentang orang yang bunuh dir, terus lagu-lagu orang ngamen dan lain dan sebagainya.
Setelah para orang-orang yang skillnya tidak mungkin dibanggakan ini hadirlah SM*SH.
Gue paling inget waktu pertama kali gue melihat video mereka, karena dulu yang nunjukin ke gue adalah si DF. Dan dia minta komentar ke gue.
Dalam hati gue. Gilaaak! Ini Korea banged!
Emang sih pada waktu itu gue belum pernah sama sekali liat MV nya boyband korea. Tapi gue pernah liat kostum dengan style korea.
Dan dengan kesuksesan SM*SH diantara caci maki para early adopters yang mengaku KPopers generasi awal, maka muncullah boyband dan girlband mengikuti Hangul (bener gak nih) sebuah sebutan untuk demam korea. Nah ini menurut gue malapetaka yang kedua.
Gue gak menyebut mereka plagiat, meniru, gak kreatif, mau-mau aja jadi produk dari industri musik itu memang sangat jelas Smile with tongue out
Gue kasihan sama mereka, honor mereka itu ntar dibagi-bagi! Kalo udah dibagi ntar jadi dikit. Belum bayarin kostum, make-up dan lain dan sebagainya. Industri musik di Indonesia gak sama kayak industri musik korea. Ini poin yang paling penting.
Gue pikir di Korea semua sangat dipikirin. Kalo lo Kpopers lo mesti tahu yang namanya Training, kan? Dan itu sangat sangat keren sekali menurut gue. Training itu ibarat inkubator untuk memunculkan bintang-bintang yang bakal mendunia. Ya buktinya kayak sekarang nih, banyak boyband dan girlband yang menginspirasi orang-orang di dunia.
Dan itu sama sekali berbeda dengan yang ada di Indonesia. Gue sangat kasihan sekali sama kompetisi-kompetisi boyband dan girlband yang beberapa bulan yang lalu sempet digembar-gemborkan.
Training mereka itu paling banter 3 bulan….. Itu belum cukup…
Lalu muncullah Radio Show dengan konsep-konsep yang bener-bener baru. Tapi mereka sangat general sekali, gak beda-bedain musik. Tapi gue kira sayangnya cuma band-band yang diindahkan dari industri musik aja yang diundang. Gue kayaknya perlu ngritik itu. Padahal banyak sekali band-band bagus di Industri musik yang memakai topeng dengan lagu-lagu galau.
Dan kemudian yang paling baru adalah InterRockMusic (bener gak ini), yang iklannya muncul terus di tivi.
Gue kira ini sebagai penerus dari A Mild Live Wanted.

Gak ada yang salah sih sebenernya. Syukurnya pelaku pelaku musik di atas turut mewarnai pasar musik Indonesia. Tapi saran gue, buat para orang-orang besar di Industri musik adalah SWOT saingan lo itu perlu diperhatikan!!

Terakhir gue pengen ngomentarin MV nya Big Bang yang berjudul Bad Boy. Mungkin udah telat, soalnya MV nya keluar udah sebulan yang lalu.

 
1. Syutingnya bukan di Korea
2. Konsep kostum mereka adalah militer, tapi kayaknya gak ada orang militer yang pake bajunya Taeyang.
3. Jiyong pake jaket ijo dengan berbagai ornamen ornamen apalah itu.
4. Cowok berambut putih yang gue lupa namanya pake rompi putih yang kayak seperti rompi anti peluru.
5. TOP pake jaket dengan logo yang mengingatkan gue sama Akademi Militer khusus di Jogja.
6. Seungri pake blazer yang ada tempat buat pangkat militer di pundaknya. Jujur, gue suka banged. Apalgi gue juga punya Blazer merah Smile with tongue out
7. Taeyang pake sebuah jumper tanpa lengan, pamer otot sama tato. Dan di MV ini dance nya dia yang paling dominan. Dan dance nya Bboy banged.
Udah ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar