Kamis, 20 Desember 2012

Jurnalis-Jurnalis Wanita Sukses Di Indonesia

Selain pengamat musik, pengamat iklan, pengamat film, pengamat clothing dan pengamat politik, gue juga termasuk pengamat program-program berita di tv-tv nasional. Hohoho congkaknya. Kemudian setelah gue melihat bagaimana Najwa Shihab berani ngadain tur ke Makassar, maka gue berpikir kayaknya udah waktunya deh gue menulis ini. Dan ini subjektif lho ya, lagian kalo ada yang lebih senior gue kan juga gak tau soalnya gue lahir di awal-awal 90an x)

1. Rosianna Silalahi

http://indonesiatopratings.blogspot.com/2012/02/top-10-indonesian-women-journalists.html
Ini yang paling senior menurut gue, karena beliau ini yang melahirkan jurnalis-jurnalis baru berkualitas di SCTV dan menyabet dua kali penghargaan Panasonic Award. Kemudian banyak dari jurnalis-jurnalis di Liputan 6 pada sukses semua, meskipun mereka gak bersama Liputan 6 lagi. Gue kira beliau ini kemungkinan besar sudah pensiun dan mungkin juga udah gak bersama Liputan 6 lagi juga. Masa keemasan beliau adalah masa dimana tv-tv nasional yang berkonsentrasi di berita belum se-booming sekarang. Bahkan Metro TV waktu itu baru lahir dan sedang membangun budaya Headline News tiap jam.

2. Chantal Della Concetta

http://www.wartapapua.net/chantal-della-concetta-suka-yang-menempel-di-mulut/
Ini yang paling fenomenal menurut gue. Gue paling tau banget dimana gue sering melihat dia bacain Headline News di Metro TV, kemudian pindah ke RCTI bergabung bersama tim Arief Suditomo dan akhirnya sekarang banting setir menjadi model juga menjadi host di acara dewasa. Menurut gue wanita ini paling berbahaya di dunia showbiz. Dia mantan jurnalis! Karir jurnalisnya juga cemerlang! Dan semua jurnalis yang karirnya yang cemerlang itu cerdas sekali! Ketika mendengar nama wanita ini, sumpah gue gak pengen cari gara-gara sama dia...

3. Najwa Shihab

http://www.anneahira.com/najwa-shihab.htm
2013 mungkin bakal jadi tahunnya doi nih. Mata Najwa, acara yang dia host-in semakin diperhitungkan menurut gue. Sudah cantik, powerful juga. Apalagi sekarang udah gak banyak jurnalis-jurnalis wanita yang cemerlang menurut daftar ini. Menurut gue, kak Najwa ini orang yang spontan banget, dimana ada isu yang berkembang langsung deh dia ambil. Bener-bener mencerminkan seorang anak muda yang berapi-api. Hohoho. Patut diperhitungkan sodara-sodara.

4. Tina Talisa

https://www.thejakartapost.com/news/2008/09/21/tina-talisa-anchoring-news-makers.html
Mungkin semua bertanya-tanya dimana Tina Talisa sekarang ini. Sukses dan cemerlang di Apa Kabar Indonesia Malam, membuat semua orang jadi betah lihat berita malam-malam apalagi positioning TV One waktu itu emang bener-bener jelas sebagai News TV. Sekarang dia pindah ke Indosiar dan menjadi host di acaranya sendiri. Lupa namanya. Tapi masa-masa emasnya di AKI Malam emang gak bisa dilupakan :D

5. Desi Anwar


Mungkin kamu gak tau dia siapa, tapi gue tau beliau ini sejak 2010-2011 saat beliau menjadi host di sebuah acara interview bersama tokoh-tokoh dunia. Dan kemudian gue tau beliau juga membuka kursus bahasa Inggris gratis secara online di Facebook. Keren aja sih, meskipun gak terlalu populer seperti wanita-wanita di atas tapi wanita ini punya kekerenannya sendiri :D

6. Grace Natalie

http://m.rimanews.com/read/20111213/48738/penusuk-kamerawan-tvone-idolakan-grace-natalie
Nah ini. Sama seperti kak Tina Talisa, gak tau dimana keberadaannya. Sejak AKI TV One punya host-host yang baru, gue gak pernah lihat dia ini. Kadang dia mengisi AKI pagi, atau mengisi AKI malam menggantikan Tina Talisa yang gak bisa jadi host. Dan semua orang setuju kalo dia ini cantik! Pantes sekali jadi cover majalah :D

7. Marissa Anita

http://www.dailysylvia.com/tag/marissa-anita/
Ibarat dunia musik, gue melihat kak Marissa menjadi rising star. Gue pertama kali melihat dia di 811 Show saat baru-baru aja launching menganggap dia biasa-biasa aja, namun setelah gue anggep program ini gak bisa diremehin ternyata kekuatannya berada di wanita ini. Wow. Gue jadi ngefans abis. Hahaha. Apalagi sifatnya yang ceria sekali. Iya ceria banget, jangan tertipu dengan mimik dia saat membaca berita. Yang juga gak banyak disadari orang-orang, dia adalah supporter film lokal buka aja blognya di marissaanita.com. Mungkin ini yang membuat 811 Show banyak mengulas tentang film lokal di acaranya. Gue yakin dia bakal jadi The Next Najwa Shihab, atau The Next Chantal, atau The Next Tina Talisa atau malah jadi The Next Grace. Yakin banget :)

Begitulah daftar jurnalis-jurnalis cantik yang sering membawakan berita hingga karirnya jadi cemerlang. Gue kayaknya gak bakal bikin daftar yang cowok hahaha. Ada banyak bahkan kayak Arief Suditomo, Prabu Nababan, Alfito Deannova, Tommy Tjokro, Prabu Revolusi, dll.

Oh iya. Kalo ada jurnalis wanita yang kelewatan menurut kamu cocok masuk daftar ini, share di komentar aja soalnya gue juga rada-rada lupa :)

Last words, semua wanita ini berbahaya :)

5 komentar:

  1. desi anwar itu dari RCTI juga ya dulu ya..?

    BalasHapus
  2. Mas Air.st
    Setelah surfing eh emang bener mas, ternyata dari RCTI :D

    BalasHapus
  3. VOTE for NAJWA!!!

    *emangnya pilkawar

    BalasHapus
  4. blogwalking back kakak :)
    wah semoga suatu hari nanti nama saya bisa ikutan masuk list jurnalis wanita sukses ya. hehe :D aamiin..

    BalasHapus
  5. Mas Ndop
    Voted! hahaha

    Nabil
    Thanks ya udah dikunjungi balik :D

    Aminn semoga tercapaiii. Talk less do more! :D

    BalasHapus