Sabtu, 28 Januari 2012

Strategi Aiu Ratna



Strategi Aiu Ratna
                Okay. Sebelum gue menulis sesuatu, gue pengen curcol sedikit kalo gue sekarang dengerin lagu Fort Minor yang Where’d You Go (entah kenapa sekarang jadi suka Hip Hop). Ini lagu jaman baheula bengeud, jaman gue waktu SMP kalo gak salah, dan sekitar 2 bulanan yang lalu saat LP main ke sini gue baru ngeh kalo Fort Minor itu proyeknya Mike Shinoda ketika gue buka Wikipedia. Ahaha *tawa garing*
                Yak. Kembali ke Aiu Ratna.
                Siapa itu?
                Mungkin namanya mungkin gak bersinar di para ABG-ABG sekarang, tapi dulu dia jadi ikonnya anak muda yang berlabel emo dan harajuku saat band Garasi ngeluarin album mereka yang pertama disertai film mereka juga yang judulnya sama. Garasi.
                Awalnya gue denger dia ikut Indonesian Idol saat Om Indra ‘Jazz’ Lesmana masih jadi juri. Lalu saat babak finalis dia gak ikut karena sakit, dan karena Om Indra gak pengen talentanya kakak Aiu terbuang percuma, beliau langsung calling ke kakaknya, Mira Lesmana yang juga lagi nyari vokalis buat sebuah proyek (yang akhirnya kita tau itu Garasi).
                Tante Mira menerima sarannya Om Indra dan gak kecewa akan penampilannya kakak Aiu. Dan mereka menggodok album dan film, dan akhirnya keluarlah single “Hilang” yang fenomenal itu.
                Dan kemudian ketika dunia membutuhkannya dia menghilang (EMANG AVATAR!) *eh. Enggak. Jadi Garasi kayak vakum gitu. Kemudian setelah beberapa tahun dan timing yang tepat, Garasi muncul kembali dengan album yang baru. Dan saat itu, gue baru suka sama mereka, dan gue punya feeling mereka ini bakal digandrungi anak-anak ABG sekarang. Banyak juga band-band bermunculan, kayak Kotak dengan 2 personil baru. Dan di awal tahun 2010, Aiu diputuskan keluar dari Garasi. Jeger!
                Kayak disamber gledek. Padahal single-single mereka kayak Tak Ada Lagi sama Aggressive Trance gue yakin layak meledak di pasaran. Tapi apa mau dikata, mereka menghilang lagi. Dihujat para fans, dsb.
                Dan Kotak sukses dengan timing mereka. Yak, timing mereka muncul emang sangat tepat.
                Pada akhirnya Garasi masuk kembali dengan vokalis anyar. Dan Aiu?
                Aiu ke Jepang.
                Dan asyiknya, sekarang baru ngeh strateginya dia menembus pasar negara lain. Gue denger, dia ikut sebuah audisi pencari bakat di Jepang. Dan walaupun gak jadi juara, dia sukses masuk jaringan musik Indie di jepang dan mendirikan band yang namanya A.I.U.
                Simpel banged.
                Setelah gue pikir-pikir, strateginya kakak Aiu bener-bener kreatif (meskipun kak Aiu cuma nembak lingkup Jepang). Cocok banged digunain buat orang-orang yang ingin Go International. Contohnya banyak banged sih, kayak kakak Sandhy Shandoro (eh gue salah nulis gak?). Dia kan jebolannya audisi pencari bakat juga.
                Tapi emang harus ngilangin gengsi. Meskipun kita punya nama di tanah air, cara yang paling cepat emang ini. Hehehe.
                Udah ah.


Update 23 12 2013

Karena postingan ini juga banyak dikunjungi, jadi perlu update juga kayaknya, terlebih banyak komentar-komentar bernada sinis/kecaman di postingan ini, bahkan jadi ajang pertempuran (meskipun gak besar sih) hahaha. Jadi tahun baru nanti ada yang ngundang Aiu dan Fedi Nuril, dkk buat reunian. Dan AIU band yang di Jepang kemungkinan udah gak bertahan lama nih hahaha.

10 komentar:

  1. Kami peringatkan untuk anak-anak diluar sana. Aiu ratna itu tidak pernah kerja sendiri tapi anehhnya kalian bersusah payah memuji-muji, dibaik-baikin, kalian yang malah kerja keras, nanti salahpun akan akan tetap dianggap benar dan terus dibaik-baikin. Biarkan dia kerja sendiri. Pengemis dan pengamen saja kerja keluar keringat sementara apa yang dilakukan aiu ratna hanyalah update status di twitternya @aiu_e_o yang hanya berisi candaan padahal tidak pernah kerja, apa yang dia lakukan hanyalah memegang ponselnya dan merangsang anak-anak kecil agar followernya bertambah tak hayal anak-anak remaja yang notabene masih anak sekolah smp dan sma yang belom melek soal uang & kerja banyak kemudian menjadi zombie follower idiotnya dan sudah menyebar gak karuan, apa yang aiu ratna lakukan adalah sadar sementara anak-anak itu sebetulnya tidak tahu apa-apa, akibatnya anarkis. Sementara aiu ratna nya sendiri menganggap semuanya masa bodoh, nanti yang salah siapa? Dia? Mereka itu tidak mau disalahkan dan tidak mau merasa bersalah dan mereka itu tidak mau susah!! Malah kalian yang jadi bersusah susah. enak saja, memangnya masyarakat itu mainan apa? Tidak mendidik sama sekali, itulah salah satu sikapnya yang tidak profesional. Aiu ratna, dia memanfaatkan anak-anak kecil agar pamornya menyebar. Anak-anak remaja indonesia memang gampang diprofokasi karena memang pendidikan anak-anak kita itu rendah sekali, sungguh ironis. Pokoknya untuk kalian dilarang mengedit wikipedia ini lagi. Biarkan si aiu ratna kerja sendiri, jangan sampai malah kalian jadi membela dan bahkan sampai ada yang mati-matian membela. Mereka itu jualan, apa ada terus orang jualan dihormati? Merasa dihormati , kemudian terus merasa pantas & besar? Sikap attitude nya jelek dan udah dikeluarin dari miles dan garasi. Gak pantes lagi dijunjung-junjung. Penjual minta dihormati, IBLIS sejati!!!

    Andi ayunir juga pernah melakukan penipuan penggelapan dana 300 juta milik lala begg tahun-tahun sebelum album grateful passport dan minority keluar, banyak dugaan dana penggelapan tsb digunakan untuk kedua album tsb. Termasuk aiu ratna menerima aliran dana penggelapan tersebut.

    http://m.tribunnews.com/2010/06/09/komposer-andi-ayunir-dilaporkan-lala-begg-terkait-penipuan-300-juta

    Kami peringatkan, tidak ada orang iri diluar sana, bersikap dewasalah atau anak-anak generasi remaja kita semakin rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Kami peringatkan, tidak ada orang iri diluar sana, bersikap dewasalah atau anak-anak generasi remaja kita semakin rusak." jelek2in nama orang menurut dia ini salah satu sikap dewasa. khanmaen. warbyasa

      Hapus
  2. perusahaan produsernya aiu ratna dijepang bug corp, yg produsernya @yamabug ternyata produser bokep. Berarti si aiu ratna ini mau menerima kerja yang tidak jelas. Mau maunya dibayar dari uang bokep bro. Hahahaha.liat aja ini salah satu produksi @yamabug corp tempat aiu kerja tak jelas http://oi42.tinypic.com/cqpw9.jpg

    aiu ratna @aiu_e_o memang sudah tidak
    profesional kok mas. Antek antek nya itu
    manfaatin anak kecil seperti hellen eyyent, dkk. Sudah jelas lah mas sebetulnya aiu ratna itu cuma
    akal akalan. Kalo dia sukses dijepang pasti
    follower twitternya orang jepang. Orang si aiu
    itu katanya kerjanya dijepang. Mana ada org
    jepang mau dibohongi.orang sana mah pinter-
    pinter. Kurang kerjaan lah kalian bela belain orang stress. Nanti malah ancurin moral indonesia. Aiu ratna
    mah amatir, Musisi sukses kayak ahmad dhani
    saja bloon aiu ratna itu siapa. Lolos audisi jadi
    juara saja kagak, dipecat lagi. Bodo berarti loe
    mas. Koploh loe. Liat tuh contoh lain ahmad dhani
    yg sukses dah bikin mati 7 orang gara gara hidup artis yang stress. 7 nyawa manusia mas.
    Jadi kalo artis sudah stress kalian bodo berarti
    yang membesarkan mereka. Ngancurin bangsa.
    Tidak berguna. Tolol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaga tuh mulut lue suu!!!
      kalo mang fakta n bnr ..tunjukin siapa lu??
      sini hadepin gueee..

      Hapus
  3. anjing banget lo ngomong seenaknya... Seharusnya lo yang iblis sejati...

    BalasHapus
  4. gw sih lebih mikirin ke nuansa musiknya... bukan malah ributin orangnya....masalah attitude,gw yakin dunia entertainment (apalagi mainstream) ya gitulah,orang suci sekelas aaG*M juga malah jadi munafik ........

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice comment. satu hal yang luput dari artikel yang gue bikin ini adalah perkembangan musiknya si aiu sih

      Hapus
  5. Ke Killing me Inside ya sekarang, tambah cantik euy

    BalasHapus
  6. Bodo amad ah yg penting gua suka suara AIU

    BalasHapus