Kamis, 22 Maret 2012

Sedikit Tentang Raisa Andriana

Gue gak kenal Raisa, tapi dia terkenal. Gue gak temenan sama Raisa, tapi temennya Raisa banyak #apasih. Gue gak
Gue sih dalam hal ini gak mau menjadi orang yang sok tau atau malah statement gue menjadi seperti keirian hati gimana gitu. Tapi pada intinya gue kagum sama perjuangannya dan penasaran apa sih yang sebenernya terjadi. Dan itu semua hanya Raisa yang bisa jawab Smile

Awal gue tau ada cewek secantik kakak Raisa itu ketika sebuah akun twitter salah satu musisi (gue lupa siapa) mention akunnya Raisa (sumpah gue lupa akun twit nya Raisa Smile with tongue out). Awalnya gue gak tau siapa dia, dan lewat mbah google lah gue tau dia itu penyanyi.
Udah segitu doang gue taunya Smile with tongue out
Kemudian diantara link-link yang ditawarin google ada beberapa yang menawarkan tentang hubungannya Raisa dengan Vierra. Ding dong. Dan saat itu gue tau Raisa ini termasuk dalam komunitas musik yang besar dibangun oleh anak-anak gaul Jakarta.
Salah satu blogpost menerangkan bahwa Raisa adalah mantan vokalisnya Vierra yang kala itu bernama Andante. Dan Andante ini sempet ngeluarin sebuah single yang berjudul Seandainya (bisa elo liat di Youtube). Dan lagu ini juga dimasukkan ke dalam album Vierra yang pertama, dan gue masih mikir kenapa lagu itu ditaruh di track terakhir Open-mouthed smile
Setelah lo dengerin suaranya Raisa di Andante lo bakal mikir apa yang gue pikirkan. Tapi gue jelas gak bisa ngomong hehehe Open-mouthed smile
Setelah dia keluar dari Andante terus apa yang terjadi? itu yang membuat gue masih dihantui penasaran. Dia menghantui youtube dengan cover-cover song? Atau berjuang masuk major label dengan seorang diri? Siapa sosok dibalik suksesnya Raisa sekarang? Nah itulah yang bikin penasaran.
Gue masih mikir, jelasnya ketika ada acara Meet n Greet gue belum pernah ada laporan kalo Raisa banyak ngomong di sana. Itulah yang membuat gue sebagai musisi kecewa pada pihak manajemen atau agensi yang nerbitin seseorang.
Itulah mengapa gue sangat menunggu pemikiran-pemikiran dari Kakanda Jiyong alias GD. Dan ketika The Secret of Big Bang keluar di Indonesia gue langsung mencari tau siapa yang nulis. Ini orang YG entertainment? Ini fansnya? Ini temen lama Jiyong? dan sebagainya dan sebagainya. Kenapa Jiyong gak nulis sendiri gitu? Hahaha imposibble banged, kan dia entertainer bukan penulis lagian dia lagi sibuk promo album Smile with tongue out
Anyway kembali ke Raisa, dibalik masa-masa sulit dia (mungkin sih), Raisa sekarang udah mejadi sebuah tren di kalangan anak muda khususnya cowok :3. Sukses buat Raisa!
:3
----------------------------------------------------

Update!
Gara-gara Raisa muncul di tivi terus, akhirnya gue tergugah kembali untuk menggoogling ria dan syukur gue mendapat- berbagai macam informasi yang sedikit membuka rasa penasaran gue di atas

Mengenai Keluarnya Raisa dari Andante

Raisa ternyata keluar dari Andante, bukan dia yang dikeluarin. Gue (baca baru tadi pagi) statement dia bahwa dia ngerasa gak cocok sama warna musik Andante. Yah, gue pikir dia benar karena gue lihat dia memang gak cocok, dan lagi orang-orang mengatakan dia Jazzy. Tapi bagi gue yang pernah belajar Jazz (jiyeehh) suara dia gak cocok sama musik Jazz apalagi swing. Dia ngaku berada pada aliran RnB.

Andante sendiri terbentuknya ketika Raisa, Kevin, Tryan, dan Raka masih SMA. Gue pikir Kevin dan Raisa beda sekolah, entah karena apa mereka jadi bisa bentuk sebuah band. Dan Kevin waktu itu gak nerusin masa SMA nya dan lebih memilih home schooling. Tapi ketika pesta perpisahan angkatan SMA nya, band nya diundang buat ngisi pensi nya. Dan band apa itu? Yang jelas gue pikir itu Andante :)

Gue kecewa sebenernya, tapi gue juga gak memaksakan kehendak. Toh gue juga pernah ngerasain kecocokan dalam  bermusik waktu gue SMA. Gue tau rasanya kayak apa. But honestly, gue pengen liat Kevin dan Raisa ada di atas panggung, meskipun mustahil gue pikir karena lingkungan musik mereka beda. But nothing is impossible kan? :D

Mengenai Sosok dibalik sukses Raisa sekarang

Mantannya Raisa adalah Kamga, seorang personil Tangga yang punya karakter vokal yang sama persis dengan Raisa. Dari lingkungan orang seperti itu dia mendapat 3 produser! :D Jelas kalo ada 3 orang yang berani nerbitin, major label pun gak berkutik kan? :D

Salah satunya adalah Asta Andoko, gitarisnya RAN. Gue pikir karena dari Asta inilah orang-orang menganggap musik yang Raisa anut mengandung rasa Jazzy. Meski pada pengerjaan albumnya sendiri Raisa banyak sekali dilibatkan.

Gue masih merekam jejak-jejak Andante dulu, karena pemain-pemain Underated musik major label di Indonesia dikuasai sama anak-anak muda ini! :D

Beberapa lagu Andante yang gue temui di Youtube








9 komentar:

  1. Bigbang udah pernah ngeluarin buku otobiography, dengan mereka sendiri penulisnya, terbit tahun 2008 di Korea. if that is you wanted to know

    BalasHapus
  2. tau ga, albumnya raisa apa aja sih? pernah denger di radio, lagu-lagunya raisa tapi english semua ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Albumnya raisa baru satu Melangkah (2011). Tahun 2013 ini dia bakalan ngeluarin album kedua.

      Hapus
  3. Judul lagu andante yg lain apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu2 andante yang gue temuin antara lain seandainya, tinggalkanku, stay dan you're not the one. Semua dapetnya di Youtube :)

      Hapus
  4. kalo raisa minta keluar dari bandnya ke siapa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gue gak tau. bentar gue tanyain ke raisa dulu :))))

      Hapus
  5. Ini nih 2 alasan kenapa raisa begitu populer dan digemari banyak kaum pria http://bit.ly/1GLKiwA

    BalasHapus