Senin, 03 Desember 2012

Suatu Pencapaian Besar

https://www.facebook.com/JakartaClothingExpo



Gue tau festival clothing semacam JakCloth emang baru-baru ini. Namun to the point aja ya, menurut gue itu sebuah pencapaian terbesar untuk komunitas musik indie di Indonesia. Digaet promotor besar macam Lianpromusic itu memang hal yang sangat menggembirakan sekali.

Apalagi yang mendominasia JakCloth brand-brand clothing yang dari dulu support band-band indie. Macam Crooz, PSD atau Schitzo yang masing-masing bangun stage musik mereka sendiri. Untuk Desember ini menghadirkan 300 band dalam tiga hari, ini benar-benar festival yang sangat besar sekali! Meskipun untuk bintang utamanya mereka menghadirkan Secondhand Serenade yang notabene lagunya galau semua. Hahaha. Tapi mungkin aja kan Secondhand Serenade asalnya orang indie juga.

You know, ketika liat line up band-band yang tampil di sana lo bakal gak ketemu sama band-band label besar di Indonesia macam St 12 (eh sekarang udah bubar deng), Kangen Band, Drive, Five Minutes, Ungu, dMasiv atau d Bagindas. Hahahha. Lo bakal nemu band-band indie yang gak terkenal dan harus dicari situs reverbnationnya (oh bersyukur banget yang gak nyiptain nih portal) buat ngedengerin lagunya. Hohohoho.

Tahun ini mungkin lo bakal ketemu sama Vierra yang notabene anak asuhnya Musica Studios tapi kebanyakan fans-fans nya belum tau kalo para pendiri band ini adalah orang-orang komunitas indie #tratakdungces. Atau Killms yang sejak 2011 sampe sekarang diundang terus ke JakCloth, padahal sekarang mereka bekerja di bawah label besar #tratakdungces.

Hubungan pertemanan emang sangat kuat di komunitas indie. Tapi kalo seseorang baru ingin masuk ke komunitas indie emang sulit sekali. Gue sendiri pun masih baru di komunitas ini dan gue bingung nih bagaimana caranya masuk supaya lebih dalam lagi. Perlu guide.

Kembali ke JakCloth. Untuk besok tanggal 6, 7, 8, 9 Desember dengan tagline Year End Sale ini diadakan kedua kalinya di tahun 2012. Menghadirkan 300 lebih brand dan 300 lebih band. Gue pikir ini kali kedua diadakan setelah Juni kemarin, kalo gak salah loh. Kalo untuk kaum tidak berduit kayak gue ini mungkin gak bakal datang hahaha. Tapi kemarin ada blogger yang komen kalo bakal ke sana, gue lupa mas sapa x) dan blognya emang dipenuhi sama review acara di Jakarta. Wah nunggu itu aja deh hihihi.

https://www.facebook.com/JakartaClothingExpo

7 komentar:

  1. iya kalau indie sedikit sulit masuknya... karena komunitasnya cenderung tertutup.. tapi kalau sudah masuk ya lingkaran semuanya akan diketahui dengan mudah..

    BalasHapus
  2. Sudah enggak sabar pengen ke JakCloth, selain beli baju distro juga mau nonton konser. :)

    BalasHapus
  3. jauh.. kalo deket pasti disamperin

    BalasHapus
  4. Lhoh, sudah ada lagi ya? Perasaan belom lama ini ada di parkit. ATau cuma perasaan saya aja?

    BalasHapus
  5. Mas/Mbak Applausr

    Iya nih. Lagi mencari strategi dan celah-celah yang ada. Lagipula dari band sendiri juga belum siap berbaur dengan komunitas macam seperti itu

    Mas Gie
    Ditunggu nih reviewnya mas! :D

    Mbak Kartina
    Iya nih saya juga jauh banget. Tapi di Jawa Timur juga ngadain acara yang sama, kalo gak salah namanya Indie Clothing :)

    Mbak Isnuansa
    Iya mbak, saya juga kaget kalo diadakan buat kedua kalinya untuk tahun ini. Berani bener promotornya :D

    BalasHapus
  6. kalian ngeblog gini juga indie kok, kan punya komunitas sendiri.. :)
    kalo mau masuk ke indie musik ato clothingnya. sering2 dateng aja ke acara gigs2 kecil didaerahmu.

    BalasHapus
  7. Mas Ambroze

    Makasih mas sarannya :)

    BalasHapus