Jumat, 30 November 2012

Alasan Gue Bikin Web Portal

http://ieffffffaaaa.blogspot.com/2012/02/alasan.html



Emang rada aneh ya, seorang dari 2-3 bulan yang lalu berkoar-koar di blognya sendiri bahwa pengen banget buka sebuah brand clothing line yang bisa mengalahin brand raksasa negeri lain akhirnya jadi fokus buat bikin web portal. Ini memang di dasari oleh banyak kesamaan, dan salahnya gue baru nyadar sekarang x)

Pertama, gue terlalu banyak membaca artikel dari web portal macam MBDC dan Provoke Magazine. Jadi seolah-olah gue adalah pembaca setia mereka dan ikut terpengaruh dengan gaya bicara para penulisnya.

Dua, gue ternyata hobi blogging. Meski dulu ingin jadi penulis fiksi, tapi blogging kan menulis fakta ya? Jadi bener-bener beda. Lagian gue juga belum punya tim, jadi kayak ngeblog di blog sendiri tapi terjadwal hahaha.

Tiga, gue yakin ini karena gue pernah jadi back leader di mading zaman sma gue selama 2-3 tahun. Kenapa back leader? Karena nama gue gak ditulis sebagai leader di jajaran pengurus. Membangun web portal layaknya gue punya mading sendiri yang gue punya tim sendiri buat ngisinya dan gue tau para pembacanya yang butuh banget artikel-artikel di portal gue ini.

Empat, gue orangnya kritis. Alm pak Wadi aja yang notabene seorang yang disegani kaget sama gue yang menanyakan persoalan-persoalan politik. Tapi kritis bukan hanya tentang politik aja tapi tentang nasionalisme dan kepedulian kita terhadap sesuatu.

Meskipun gue tau ini belum bisa menghasilkan profit, tapi gue sangat enjoy mengisinya :)

Untuk masalah profit sendiri gue membaca artikel #99 dari pak @hermawank. Yang gue inget ada kalimat 'Free On Youtube! Paid On Live!'. Jadi emang profitnya emang bukan dari hasil produksinya sendiri. Ibarat kita bikin tahu tempe, jelas profit untuk kita dari jualan tahu tempe itu.

Kebanyakan web portal menghasilkan profit dari iklan. Itu terlalu menurut mainstream menurut gue. Dan lagi, harus mengandalkan traffic yang didukung oleh SEO yang canggih. Wah gue kan gak paham SEO. Gue berpikir profit yang gue hasilkan mungkin diundang ke acara-acara talkshow. Hahaha ibaratnya kayak penulis-penulis buku aja :D Di sisi lain gue juga mungkin bisa menghasilkan profit dari clothing, karena pada dasarnya tujuan gue buat bikn web portal adalah untuk mendukung brand clothingnya sendiri hehehe.

Kunjungi web portal gue, Orange Cake Creative Community http://orangecakecreative.blogspot.com

Gue juga butuh penulis nih yang interest dengan salah satu dari ini, yaitu twitter, musik indie, clothing, kampanye nasionalisme, logo designing dan photography. Kontak gue di blog ini atau twitter gue di http://twitter.com/aliasjojoz :)

-----------------------------

Gue juga punya band. Didirikan atas dasar kesukaan kita pada band bernama Paramore dengan alternative rock, not exactly alternative rock soalnya banyak yang memberi julukan mereka itu pop punk. Sekarang gue ajak buat pindah ke jalur pop punk indie yang notabene komunitasnya lebih gede lagi. Tapi pada gak mau. Sial.

Gue pun terlintas ide. Gue pikir lebih baik gedein ini band dulu baru ngangkat clothingnya. Sebelumnya padahal gue bilang ke Kece, bandmate gue bahwa lebih baik kita gedein clothingnya dulu baru ngeband yang ternyata gak jalan, soalnya para bandmate gue ini belum tertarik sama istilah 'clothing yang support band'. Jadilah gue balik tuh. Itu buat marketing di daerah gue sendiri, kalo di dunia maya jelas lewat portal dan blog gue ini.

Oke deh. Semoga menginspirasi. Gue tunggu saran-sarannya nih :D

2 komentar:

  1. Saya malah tidak tahu apa itu web portal.. hihihi... *ampun* *noraknya gak ketulungan* ..

    langsung tanya google... *ngacir*

    BalasHapus
  2. Mas Dede

    udah ketemu belom mas? :D

    BalasHapus