Kamis, 13 Desember 2012

Mempersiapkan Band yang Mampu Go International

http://1000culturalencounters.com/2011/07/5-ways-to-go-international/

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak jalan menuju Go Internasional. Kalo ngomong begini jadi teringat sama mbak Agnezmo. Jujur gue gak suka cara dia buat go international, lamaaa bangetttt soalnya lewat jalan major label. Orang label kan pikir-pikir dulu kalo mau ngorbitin artis. Tapi perjuangan sih yak, gak ada yang namanya perjuangan itu singkat :)

Kalo gue mah lebih suka cara indie, apalagi teknologi sekarang udah bisa menjangkau dunia. Orang dari negara Mesir bisa diajak ngobrol dari sini. Keren. Gue ada ide kalo bandnya konser gitu di streaming lewat youtube, tapi jelas pasarnya bukan Indonesia. Yang jelas kalo mau nembak pasar internasional jelas yang ditembak pusatnya, kalo sekarang sih tetap aja, Amerika Serikat :)

Eh anyway, gue gak habis pikir ya. Apa orang-orang Amrik itu gak pernah lihat kebolehan orang-orang di negara lain yak?

Oke, lanjut. Kalo gue pribadi sih secara orang yang gak pernah ngerasain secara langsung dunia musik internasional kayak gimana, menurut gue ada dua hal yang dibutuhkan untuk sebuah musisi untuk go internasional.

Pertama, cari band yang bener-bener dari awal bercita-cita buat go internasional. Bukan band yang udah terkenal terus baru kepikiran buat go internasional. Kenapa? Karena mereka terlalu sibuk buat ngisi-ngisi job di pasar lokal, kan gak ada waktu buat mereka untuk mempersiapkan diri kecuali kalo ada yang ngatur macam Agnezmo gitu.

Ibarat Petersaysdenim yang dari awal emang dibuat untuk go international, band ini harus fokus sama tujuan mereka. Ibarat para motivator-motivator pengusaha berkata, jangan meremehkan mimpi. Jadi cari band yang bener-bener cita-citanya Go Internasional dari awal bukan band yang udah terkenal dikit langsung lupa cita-cita awalnya. Tinggalin aja. Hahaha.

Dan cari band seperti itu emang susah. Ada yang cuma asal ngomong, gak tau konsekuensinya kayak gimana. Soalnya band go internasional turnya pun udah gak di dalam negeri lagi, tapi di negeri orang. Setelah di negeri orang udah keseringan, baru diajak tur keliling dunia  Ada yang lumayan terkenal dan kepikiran mau go internasional tapi tiap minggu gak mau ngelepasin job mereka. Band seperti ini gue saranin buat mengurangi jobnya semaksimal mungkin dan fokus sama go internasional. Jangan takut untuk berdarah-darah, para motivator pengusaha banyak yang bilang bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian hohoho. Emang yang paling gampang sih nyari band kayak gini, tapi jelas yang sulit band ini gak mau ngelepasin jobnya aja dalam arti lain kebiasaan mereka yang udah mendarah daging :)

Setelah menemukan band visioner kek gitu terus ngapain?

Setelah band ini dinilai layak buat go internasional baru kita membutuhkan hal kedua. Ya harus dinilai dulu, aksi panggungnya cukup menarik gak? Personality nya menjual gak? Mereka punya keunikan gak? Tim go internasionalnya solid gak? Nah seperti itulah.

Setelah mereka melewati studi kelayakan barulah mereka membutuhkan hal yang kedua. Membangun koneksi dengan pusat pasar internasional :)

Kalo sekarang sih seperti apa yang gue sebut di atas, pusat pasar internasional adalah Amerika Serikat, tepatnya di Hollywood, California (eh bener kan di negara bagian California?). Jadi perbanyak kenalan dari situ. Kalo melalui jalur indie hardcore ya kenalan dengan komunitas hardcore di Hollywood. Kan banyak tuh universitas-universitas di sana, mana ada yang gak ada komunitas hardcore disituhh. Nah anak-anak muda Indonesia yang kuliah di sana juga coba dimanfaatin juga, dimintain tolong juga buat menyambung koneksi kita.

Dan kalo kita sudah saling tukar bertukar lagu, marilah kita ngegigs. Nah ngegigsnya ya gak mungkin kita langsung ke sana. Ya mungkin aja sih kalo ada yang biayain, tapi untuk menghemat dana kita adain aja streaming! Thanks banget nih sapa aja yang bikin Youtube! :D

Setelah review mereka positif dan semakin positif dan positif dan menjadi viral serta engage-nya semakin kuat, gue gak tau jalan selanjutnya hahaha.

Kalo beruntung, bandnya bakal didenger sama Major Label dan dipromotorin sama mereka. Tapi yang jelas orang sekelas Agnezmo sih gak masalah dengan itu, tapi kalo orang yang udah lama di komunitas indie itu adalah masalah bangeeett. Mungkin kalo hardcore cuma bisa sekelas dengan Asking Alexandria atau Bring Me The Horizon yang cuma dikenal sama orang-orang kayak gue gini. Tapi kalo band ini ternyata tipikal yang kompromi dengan major label tanpa merubah idealisme yang mereka bangun sebelumnya semisal Psy dengan gangnam Style gue tau jalan selanjutnya :)

Major label pasti gambling dalam ngorbitin artis apapun itu. Kalo artisnya ini emang punya kelayakan buat diterima di pasar semisal Cakra Khan gitu, pasti review-nya positif kok. Lalu setelah reviewnya positif dan viral maka jalan selanjutnya adalah bikin soundtrack film!

Hahaha ini sih salah satu jalan menurut gue. Karena berdasarkan pengalaman, Paramore menjadi lebih dikenal dunia gara-gara mereka bikin soundtrack di film Twilight, film Vampir terburuk abad ini hahaha. Dan mengekor kesuksesan filmnya, mereka pun jadi hits. Meskipun mereka memutuskan gak ngelanjutin bikin soundtrack di film berikutnya tapi para fans sangat hormat banget sama keputusan ini.

Cara yang lain adalah dengan bikin the next Gangnam Style. Hahaha. Ini gue belum tau faktor-faktor yang bikin Gangnam Style sukses mendunia gitu, semua teori-teori di internet belum membuat gue paham. Dan gara-gara ini gue hormat sama YG Entertainment, lagian dalam persaingan label-label besar di Korea sana gak kayak di Indonesia. Visi mereka kayaknya udah disatukan banget gitu, jadi mereka pada gak saling bunuh satu sama lain. Buktinya gue baca di Wikipedia mereka pionir dibuatnya sebuah aliansi label musik Asia :)

Kalo memang jalur indie hardcore gitu ya cobalah untuk memahami kesuksesan Petersaysdenim. Kang Peter pernah semacam di judge di Twitter, "Kan di Indonesia banyak band-band bagus tapi kurang di ekspose" lalu dijawab, "Berarti kurang promosinya". Yak betul ini masalah promosi. Kalo bandnya udah bagus berarti saatnya promosi. Orang itu gak tau kalo kita punya band, kalo mereka itu gak dikasi tau. Promosi identik dengan masalah finansial? Pikir lagi deh hehehe.

Begitulah bro. Gue posting kek gini, gara gregetan band gue gak bisa disatukan visinya. Semangatnya pun kurang begitu antusias. Mungkin gak pernah mengenal konsep kayak gini kali ya. Hahaha. Emang gue aja kali ya yang terlalu ambisius :D

Ohya ini gak melulu tentang musik kok, gue dulu pernah kok ngeshare tentang penulis yang go international. Cara ini bisa dipake buat para penulis yang visioner yang mau karyanya bisa jadi semacam next JK Rowling, the next JRR Tolkien, atau the next Stephanie Meyer. Caranya lebih gampang karena penerbit buku gak ada dunia mainstream sama indie. Jadi tembak aja penerbit-penerbit besar di Amrik. Ingat loh tante Rowling itu hampir seratus kali ditolak buat nerbitin Harry Potter, tante Meyer juga gitu buat nerbitin Twilight. Jadi Neva Gave Ap! :D Tapi yang perlu diinget target utamanya ya dibuatin film sama Hollywood :D

Dan profesi-profesi lain yang bisa go internasional ya bisa menggunakan cara ini lah. Intinya emang promosi sih, dan bagaimana promosi itu efektif banget :)

Oh ya kalo ada tambahan atau koreksi boleh dong dikomentar. Soalnya gue ini juga sotoy banget x)

7 komentar:

  1. Hi there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing
    very good gains. If you know of any please share. Thanks!
    Here is my webpage : free porn

    BalasHapus
  2. Go International ... Waw...

    Saya juga pernah kepikiran buat ngajar di luar negeri ahahahahahaaaa *mimpi*..

    bisa gak yah jalannya lewat yutup.. hehehehee...

    BalasHapus
  3. Mas Dede Yusuf

    Ya jelas bisa dong mass

    BalasHapus
  4. ga anak Band sih :p
    peluang itu ada... tingkatkan saja skill musikalitas

    BalasHapus
  5. Maya

    Yup, kesempatan itu pasti selalu ada :D

    BalasHapus
  6. ujung2nya pasti sama: kerja keras.

    BalasHapus
  7. all the time i used to read smaller articles or reviews that as well clear their
    motive, and that is also happening with this post which
    I am reading at this time.
    my web site :: porn

    BalasHapus