Minggu, 09 Desember 2012

Produk Kaos Yang Ideal

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015742814/thailand-movie-lover039s-sawadee-krap--please-come-in-----part-2/38

Ideal identik dengan idealis. Biasanya orang idealis sulit sekali menjadi komersil. Gue orang idealis sebenernya tapi terobsesi banget sama yang namanya bisnis. Hahaha.

Dulu gue sempet pasang tagline di blog portofolio gue di http://jojozshowcase.blogspot.com 'It's not merchandise, it's art!'. Dulu dan sampai sekarang gue berprinsip seperti itu dalam membuat desain sebuah kaos. Jadi produknya itu gue buat sebagai karya seni, bukan sebagai barang dagangan. Dibuat dengan penuh passion dan cinta #halah.

Seperti itulah kaos yang ideal bagi gue. Eksklusifitas, Otentik, dan Unik :)

Ada juga sih prinsip idealis lain yang berhubungan sama clothing line. Prinsip ini gue dapetin dari artikelnya @StartupBisnis http://twitter.com/startupbisnis. Pada dasarnya clothing dan distro adalah kaum supporter dari para aktivis-aktivis muda. Aktivis di sini jangan diartikan sebagai aktivis mahasiswa hukum yang sering demo itu hehehe tapi aktivis yang gue maksud adalah orang-orang yang terobsesi banget sama kegiatan-kegiatan yang digandrungi sama anak muda.

Aktivis-aktivis muda ini bermacam-macam sekali macamnya, mulai dari musik, basket, bmx, skateboard, dll. Namun kebanyakan sih aktivis yang disupport adalah kegiatan-kegiatan orang urban yang gak banyak ditemui di kampung kampung. Gue belum ada denger kalo ada Clothing yang support acara tujuh belasan di kampung :D

Jadi clothing bukanlah produk massal yang dijual ke orang banyak, tapi pada dasarnya adalah bentuk support terhadap aktivitas-aktivitas kaum muda urban. Karena ke-ekslusifitasannya, ke-otentikannya, dan keunikannya. Menurut gue sih ya, tolong dibenerin kalo salah :)

Perkembangannya sendiri pun jadi tak disangka menjadi booming. Banyak clothing yang bermunculan namun mereka ini gak tahu sama sekali prinsip dasar dari clothing sendiri hingga mereka jadi jatuh bangun dan akhirnya tenggelam namanya.

Dewasa ini, semua clothing membutuhkan sebuah identitas diri yang gak bisa ditiru sama yang lain. Suatu ide dasar dari pendirinya. Sesuatu yang mereka gak bisa tahu dengan hanya melihatnya saja, tapi harus bertanya kepada pendirinya. Suatu semangat. Suatu visi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar