Sabtu, 06 Oktober 2012

#Clothing




Tadi malam (kemarin malam lebih tepatnya) dengan sotoynya gue memberikan kultwit tentang bisnis clothing x) sayangnya gak ada respon ._. #ohgodwhy

Berikut kultwitnya. Enjoy!

1. #Clothing yang akan gue bahas ini adalah secuil pengalaman yang pengen gue share

2. Jadi mohon maaf apabila ada salah-salah X) #Clothing

3. Proses #Clothing yang paling sederhana. Desain > Beli/Bikin Kaos > Sablon > Jual

4. Jadi kalo kita punya tim untuk bisnis #Clothing minimal ada 4-5 orang. Leader, tukang desain, penyedia kaos, penyedia sablon dan marketing.

5. Sebenernya sesederhana itu, namun dalam dunia distro dewasa ini proses sederhana itu tidak relevan lagi #Clothing

5. #Clothing memang dikhususkan untuk menembak pasar anak muda dan naka muda di kota-kota besar yang menjadi trendsetter lebih memilih kaos yang beda

6. Jadi dia ingin sekali memakai kaos yang beda dari lingkungannya #Clothing

7. Kesimpulannya mereka menginginkan 'Unique Product' produk yang unik #Clothing

8. Dalam diskusi-diskusi terakhir masalah 'produk unik' dan 'lain daripada yang lain' para pakar bisnis menyebutnya branding #Clothing

9. Branding kemudian menjadi sesuatu yang penting, kenapa? #Clothing

10. Karena branding membuat sebuah bisnis bertahan lama #Clothing

11. Branding? Apa itu? Sebenernya sederhana. Karakter, Sifat, Kebiasaan, Budaya, Tabiat, yang berlangsung lama dan mengakar #Clothing

12. Jadi budaya sebuah bisnis/perusahaan itu adalah branding #Clothing

14. Contohnya semisal Peter Says Denim, mereka punya branding untuk mendukung para musisi khususnya anak band #Clothing

15. Brandingnya PSD kalo gue liat, tema-tema mereka lebih ke arah Modern-Western #Clothing

16. Lalu ada Schitzo-nya kak Raka Cyril, Vierra yang brandingnya menggunakan istilah-istilah medieval #Clothing

17. Terus ada Damn! I Love Indonesia-nya bang Daniel yang punya kebiasaan menuliskan keterangan sejarah pada setiap kaosnya #Clothing

18. Haus (???)

19. Hoh iya. Koreksi. PSD cuma mensupport band-band indie :D

20. Kemarin sempet baca artikel tentang dunia distro yang ada di Bandung. Bentar gue cari link-nya #Clothing

21. T-shirt sebagai community rooted product http://startupbisnis.com #Clothing

22. Katanya kang Febby, sebenernya #Clothing, produk distro itu cuma konsumsi komunitas doang.

23. Jadi #Clothing bukan produk masyarakat luas.

24. Two Clothes buat sakteboard, Schitzo dan PSD buat anak band, Damn! I Love Indonesia? Buat turis :D #Clothing

Terimakasih yang udah mau nyimak. Kritik dan saran ditunggu :)

------------------

Tips buat kamu yang muda mau merintis bisnis :)


2 komentar:

  1. Saya jadi murid pertama yg menyimak...
    Karena saya nggak biasa twitteran, maka saya kuliah di sini saja

    BalasHapus
  2. hahaha jangan gitulah mas. ini saya aja masih pemula X)

    BalasHapus