Selasa, 27 Mei 2014

[Behind The Scene] Mahatma Gandhi - Line Art



Dulu gue mengenal sosok Mahatma Gandhi sebagai sosok pemimpin politik yang kayak Kyai memimpin bangsa India mencapai kemerdekaannya dari Inggris tanpa kekerasan maupun perang. Awalnya ide buat menggambar beliau gak ada sama sekali. Memang sih, gue punya rencana untuk menggambar tokoh-tokoh besar diawali dengan Bung Karno, tapi pengennya sih tokoh-tokoh nasional. Jadi sama sekali gak kepikiran Mahatma Gandhi. Oh iya. Kemungkinan besar karena gue dengerin lagu Satyagraha dari 7 seconds yang dibawain ulang sama H2O. Karena penasaran gue coba browsing dan ternyata Satyagraha dikenal sebagai gerakan Mahatma Gandhi untuk menentang pemerintah Inggris yang saat itu memonopoli gula pasir--kalo gak salah.

Setelah mendapat ide kemudian mencoba browsing tentang beliau ini. Ternyata Mahatma adalah semacam gelar buat beliau, bukan nama asli--gue juga awalnya mengira begitu. Menurut Wikipedia, beliau ini pernah hidup di Inggris dan Afrika Selatan dan bidang akademisnya sebenernya adalah Pengacara.

Hal yang inspiratif dari beliau adalah, meskipun pemimpin besar pergerakan kemerdekaan India beliau hidup dalam kemiskinan. Seperti papa, atau mungkin seperti Sufi jaman dahulu kala. Hahaha.

Mahatma Gandhi selain pemimpin pergerakan politik, beliau juga pemimpin spiritual. Salah satu hal yang gak pernah gue temuin di Indonesia. Mungkin ada sih, tapi gak ditulis dalam sejarah seperti beliau. Biasanya menurut anggapan temen-temen, pemimpin spiritual tidak cocok untuk memimpin secara politik. Jadi paradigma seperti itulah yang membuat gue heran sama Mahatma Gandhi.

Lalu ada sedikit kesulitan juga ketika menggambar beliau. Dikarenakan gue belum pernah menggambar orang yang gak punya rambut hahaha. Viny aka Ratu Vienny Fitrilya yang nginspirasi gue menggambar, gaya line art nya tentang rambut punya ciri khas yang unik banget. Jadi kalo menggambar orang yang gak punya rambut, gue juga bingung ahahaha.

Sekian. enjoy your holiday!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar