Senin, 26 Mei 2014

[Review] Ever Rest Indonesian Tour 2014: Givers And Takers, Jombang




Udah kali kedua ini lihat gigs di Devys Cafe, Jombang. Yang pertama adalah Havoc Indonesian Tour. Panitianya masih sama, orang-orang yang seringkali ngundang ben-ben Hardcore ke Jombang. Dan yang bikin resek pun masih sama hahahha.

Kemudian terpikir pertanyaan, apa sekarang udah gak boleh bikin gigs di Gedung Juang ya? Pertanyaan itu sempet dijawab sama Mukri, salah satu temen gue yang cukup kenal beberapa temen-temen di skena ini. Katanya sih sekarang sih cuma bisa dipakai event 2 kali dalam setahun. Wahh. Apa ini akan menjadi titik awal tenggelamnya skena Jombang?

Tapi sebelum membahas itu lebih jauh, mari kita review acaranya dulu. Gue tiba di venue sekitar sebelum maghrib. Karena merasa capek gegara cuaca yang lumayan panas akhirnya kita duduk-duduk di parkiran sampai break maghrib selesai. OTS nya hanya sekitar Rp. 15.000 mendapat tanda masuk sebuah stiker.

Line up malam itu all HC, sebelum Bouncer dari Madiun main ada ben HC yang cukup bersih mainnya. Lalu disambung Bouncer yang vokalisnya cukup aktif memancing mosh circle. Lalu estafet panggung disambung Losershead yang kali kedua ini gue ngelihat mereka bener-bener dihormati dengan main sebelum guest star utamanya hahaha. Good job guys! Sempet diwarnai kericuhan yang tidak perlu, kayak ngeliat drama anak kecil bikin gak bisa enjoy nikmatin gigs ini.

Akhirnya guest star utamanya muncul, Ever Rest. Salut dengan cara sosialisasi mereka yang terkesan mau belajar. Vokalis mereka juga cukup aktif menyapa teman-teman. Yang paling memorable mungkin kata-kata KITA SEMUA SODARA yang diucapkan kayak semacam kampanye gitu hahaha. Mungkin yang paling cocok menggambarkan musik mereka adalah post-hardcore, atau mungkin karena pengetahuan gue yang cetek kali ya, gak tahu hardcore macam apa yang mereka mainkan--yang bukan beatdown macam Fraud, atau Oldchool youth crew macam Warzone. Tapi dibalik itu semua, gue suka banget sound bass nya! Masih penasaran dengan cara anak-anak bikin sound bass kayak gitu. Dinaikin suaranya apa gimana, gak tau hehehe.

Kemudian hal yang perlu gue garis bawahin sih, kalo next time bikin acara lagi sampek ada yang resek lagi kemungkinan gue gak bakal datang lagi sih. Ini kayaknya juga dirasain sama anak-anak, tapi gue gak tau juga. Pengennya gue gak ambil pusing, tapi kalo diterus-terusin yah kasian panitianya juga kan namanya jadi jelek.

Kemudian sejak gigs kemarin itu, gue jadi kangen gigs di Gedung Juang. Melihat betapa luasnya venue gak sesempit di Devys Cafe, jadi bisa dance dengan sesuka di hati tanpa menimbulkan kericuhan yang gak perlu. Hihihi.

Balik lagi ke topik awal, apakah ini jadi titik awal keterpurukan skena? Gak tahu juga. Ya mudahan aja bapak-bapak yang pikirannya Orde Baru bisa memfasilitasi tempat yang punya potensi buat acara musik yang maksimal. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar