Rabu, 08 Januari 2014

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Skena Underground Jombang

Sebenernya postingan ini utang sih hahaha. Akhirnya aku bisa nulis gini sebagai pandangan obyektif aja dan menyampaikan pandangan beberapa anak bagaimana idealnya merawat skena underground di Jombang. Ya ini skena lintas genre, mau pop punk, hc, metal ataupun indie pop (yang terakhir setengah serius). Langsung saja.

Just For Today, Jombang metalcore
1. Harus Rukun Biar Bisa Ngundang Band Besar ke Jombang.

Memang benar ada perang dingin, perpecahan, saling sikut, saling tusuk dari belakang di skena Jombang. Disadari maupun tidak, diakui maupun tidak. Jadi ini saran dari temenku, Genks.

Dia ini pengen sekali seluruh skena di Jombang bersatu bikin event besar dan ngundang ben underground yang besar. Dia yakin nama Jombang bakal "naik" dan disegani oleh skena-skena kota yang lain.

Open Face Surgery, Jombang death metal

2. Bikin Forum Bersama

Masalah-masalah yang yang sering terjadi antara lain bentrok dan mepetnya jarak antara event satu dengan yang lain. Jadinya sebagai penikmat musik, aku sendiri juga bingung mau ikut yang mana hahaha.

Jadi dibikin forum bersama dengan mengundang satu orang dari skena-skena di Jombang.

Hello Knuckles, Jombang pop punk/easycore
3. Contoh Kota Lain Yang Pintar Merawat Skena

Iya, semacam study tour gitu ke skena-skena di kota lain terus dibandingkan dengan skena di Jombang. Apa yang perlu diperbaiki, ditambah atau dikurangin. Lalu sosialisasikan ke skena. Gampang sekali. Hahah.

Kalo lihat perkembangannya di Indonesia katanya sih kota yang punya skena dengan citra yang bagus adalah Yogyakarta. Katanya.

Mungkin tiga dulu deh ya. Ini kan masih ide, kita juga menunggu aksi-aksi dari temen-temen skena yang lain bagaimana merawat skena yang sudah mulai tumbuh besar di kota kecil kita.

Happy Wednesday!

2 komentar: