Kamis, 02 Agustus 2012

RnB Music On My Perspective

Jika dengar kata-kata musik RnB membawa gue pada seorang cewek memasang nama facebooknya dengan nama Dianzara. Dan dulu waktu dia mengatakan kalo senang dengan musik RnB, gue belum mudeng dan merasa asing dengan istilah itu. Apa sih itu? Musik yang kayak gimana sih?

 

Wikipedia dulu sama sekali gak menjawab penasaran gue hingga beberapa tahun telah lewat.

 

So, apa sih yang menarik dari musik RnB ini?

 

Pertama, musik ini musik paling laris sampai sekarang. Gak tau dah awal mulanya, karena dari awal gue asing dengan musik ini. Perlu baca wikipedia dulu nih.

 

Kedua, akarnya dari musik Blues. Seperti pada kepanjangannya sendiri, Rhythm and Blues. Sebenarnya gue nyadar kalo ini Blues saat Raisa ngecaover lagunya Alicia Keys bareng temen-temennya di sebuah video cek disini

 

Gue nyadarnya pas gitarisnya ini tiba-tiba main lick Blues. Wah beneran nih.

 

Kenapa Blues menarik? Karena RnB beda banged sama Blues. Bandingin aja GBS sama Alicia Keys :D

 

Ketiga, RnB yang dipakai para pakar musik mainstream Korea Selatan buat mendunia. Meskipun kebanyakan boyband dan girlband pake beat yang cepat dan juga sering memainkan musik-musik disco, tetapi para soloist di sana banyak pake musik RnB.

 

Kenapa soloist? Karena dewasa ini, penyanyi RnB itu kebanyakan solo bukan band atau malah boyband.

 

Gue kasi contoh, Taeyang nya Big Bang. Gue cuma punya satu lagu yang judulnya I Need A Girl, ini contoh yang baik buat RnB walau lagunya bukan pure RnB kayak Alicia Keys yang dicover Raisa, How You Don’t Call Me.

 

Keempat, rata-rata penyanyi RnB adalah kulit hitam Amerika. Gue curiga orang-orang kulit hitam ini pasti dikasi Tuhan berkah buat musik. Gimana gak heran coba, mulai dari Blues terus Jazz, Funk, Soul, Disco, Hiphop, Rap. Tapi Rock kayaknya enggak, kalo gak salah Rock dari Inggris.

 

Dewasa ini pun begitu, banyak yang berkulit hitam kecuali Taeyang dan Justin Bieber!

 

Kelima. Iya, Justin Bieber! Gue bener-bener gak terima sih. Tapi apa daya, gurunya dia aja Usher, salah satu penyanyi RnB terlaris sejagat.

 

Keenam, dewasa ini karakter vokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar