Sabtu, 28 Juni 2014

[Review Awam] Thirteen - Klimaks (ft Fajar Ibel)

Thirteen adalah sebuah band Electro-Post-Hardcore/Screamo berasal dari Jakarta. Penuh kenangan kalo nulis tentang Thirteen, apalagi nyemplungnya gue di dunia underground music movement gegara lihat perform mereka di Radio Show:



Setelah itu gue sempet pasang foto personilnya sebagai header di Facebook, dan langsung jatuh cinta sama musik mereka. Apalagi sejarah mereka panjang sekali di lingkungan skena musik Jakarta, menurut gue semua anak-anak di skena mungkin hormat sama mereka (tapi entah di jaman hardcore/punk sekarang hahaha).




Setelah album pertama mereka keluar, udah terjadi pergantian personil. Lalu setelah album kedua, Epidemic rilis tahun 2011 jarak 3 tahun kemudian (tepatnya tahun 2014) growl vocal mereka, Raynard memutuskan keluar. Lalu baru-baru ini basist dan drummer mereka, Jodi dan Akbar/Radit memutuskan keluar juga. Sedikit kecewa sih, tapi hidup terus harus moving on kan. Lagian Thirteen itu adalah satu dari sekian band yang hidup di jaringan skena musik underground/indie movement Jakarta, jadi meski gak bermain bersama Thirteen lagi, dalam hati mereka tetap dukung karena mereka masih berada satu lingkungan, satu roots, satu akar, apalagi Akbar termasuk salah satu pendiri Thirteen.

Oke kelamaan basa-basinya hahahaha.


Klimaks adalah single Thirteen untuk pemanasan sebelum Undead, judul EP mereka rilis secara resmi. Intronya ada manipulasi suara sedikit (yang familiar)  namun ketika vokal sudah masuk langsung mengingatkan gue pada lagu BMTH - Fuck namun tanpa melodic. Gue kira Thirteen bakal ganti genre Metalcore, namun pada part lagu selanjutnya langsung menyadarkan gue bahwa mereka masih Thirteen yang mengeluarkan album Epidemic, lalu part selanjutnya sedikit ada melodic tetapi masih dengan ketukan yang sering terdengar di album Epidemic. Dua part ini mengingatkan gue pada lagu Hip Your Hop di Epidemic namun tanpa melodi dari synth. Lalu kemudian sahutan rap dengan ketukan nu metal/hip rock. Lalu di lanjut dengan part clean vokal yang kali ini dengan tempo yang lebih santai. Memang pada perpindahan part rap ke clean vokal menurut gue rada sedikit miss, tapi selanjutnya dibayar lunas dengan raungan distorsi dan growl vokal yang cukup membawa suasana. Keren. Lalu ditutup dengan breakdown dengan nada-nada synth yang mengiringinya.

Overall menurut gue ini Thirteen yang sama, namun tanpa growl vokal Raynard yang garang itu dan tanpa clean vokal Jodi, mungkin karena masih ada Eponk dan Bondry yang mengisi departemen gitar dan synthezizer. Tapi vokal clean dan growl yang ini juga (gue gak tau siapa hahaha) keren juga kok, seperti rasa baru dari Thirteen. Mungkin intronya sendiri yang lebih metal sih menurut gue. Dan Thirteen selalu mix and match musik dengan genre lain, dan memasukkan rap di dalam lagu mereka itulah bukti mereka masih mempertahankan ciri Thirteen yang kita kenal selama ini.


Panjang umur, Thirteen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar