Senin, 11 November 2013

Review Gigs: Seringai (The 5th ICE Surabaya)

diambil dari Facebook nya Seringai

http://www.ronascent.biz/2013/11/the-5th-indie-clothing-expo-day-2_10.html


Hola! Jojoz disini! Kali ini mau ngereview gigs yang aku bela-belain nontonnya tadi malam. Seringai!

Kita awali dengan cerita gak penting tentang perjalananku menuju Surabaya. Setelah diniati dari seminggu yang lalu, mendengarkan album Taring, Serigala Milita bahkan EP Hig Octane Rock! Tapi pada saat event emang yang singalong-able itu yang album Taring. Hehehe.

 Sempet galau karena kantor meeting hari Sabtu pagi, tapi akhirnya setelah berpikir ini challenge buat lelaki lemah macem aku, akhirnya bolos juga! Ha! Ngebis ke Stasiun Jombang, sempet oper bis di Terminal Jombang akhirnya sampe juga di Stasiun. Namun yang terjadi? Baru tau kalo pemesanan tiket harus pake KTP! Ha! Dan KTP ku belum aku urus setelah sempet ilang! Ha! Setelah bergalau-galau dan berpikir dengan jernih di warung kopi depan stasiun, akhirnya aku sms Aga, drummernya Radius 99 minta tolong buat disusul. Makasih, Mo! :D

Setelah hampir satu jam nunggu akhirnya gue ajak dia buat ngopi lagi. Kita ngopi di Mak Nyak, disitu aku ketemu sama Nyobhi dan temennya (aku gak tau namanya). Ternyata mereka juga berangkat buat Seringai, nah di situ dapet ide untuk bareng sama mereka, entah satu atau 2 hal mereka berangkat duluan. Jadi gak ada deal di antara aku dan mereka. Tapi aku masih berusaha untuk ngejar mereka, akhirnya setelah dianterin Aga buat nyegat bis lalu berdesak-desakan di bis, sempet macet-macetan, ngambil sepeda yang jaraknya hampir 1 km, akhirnya aku ngejar Nyobhi, dkk buat berangkat bareng.

Tapi sesampai di Jombang gak ada kabar. Akhirnya aku putusin buat ke CC store buat nyari-nyari informasi dari Ardian. Dan malah di situ si Ardian ngajak aku, dan saat aku tanya gimana caranya kesana. Dia iyain aja (padahal aslinya dia gak tau hahaha!). Gak taunya si Ardian ngajak temennya yang tau alamatnya ke sana. Jam 3 tepat kita berangkat bertiga lewat Peterongan (biasanya aku ke Surabaya dari jalur sungai Brantas tembus ke By Pass Mojokerto).

Sempet salah arah, karena jalur yang biasa mereka lewati gak sama dengan jalur yang biasa aku lewatin hahaha. Tapi akhirnya sampe juga ke Surabaya. Nah pas di tengah kota, ternyata kita ketemu rombongan Nyobhi. Akhirnya kita ikutan jalur mereka. Setelah beberapa saat muter-muter, akhirnya sampe juga di Grand City Mall. Nah karena gak ada parkiran di venue akhirnya, DK sebagai petunjuk jalan ngambil parkiran liar. Dan tau gak tarifnya berapa? Lima ribu! Sinting!

Setelah berkeliling venue clothing, dan gak ada yang menarik untuk belanja (emang sangunya aja yang pas-pasan ha!). Kalo menarik perhatian sih banyak, dari dedek gemes sampe pamer leher dan paha, juga ada kontes fingerboard. Nah yang bikin ilfil sih panggung indoor di venue nya, mudahan aja Teh Saravasti minggu malem kemarin gak manggung di situ. Gimana ya, bener-bener sempit banget!

Di jalur exit, area komunitas nemu komunitas Doodle Art. Karena temen-temen pada gak minat akhirnya bisa lihat dari pintu kaca setelah keluar. Melas! Ha! Tapi yang bikin ilfil sih, para peserta Doodle live nya yang duduk gak diatur bikin jalur masuk ke stand mereka jadi hampir gak ada.

Tips buat ke pameran clothing kek gini, kalo niatnya emang pengen belanja lebih baik pergi dua orang aja jangan bergerombol deh. Memencarkan diri dan ketemuan di satu tempat yang udah disepakati. Lalu kalo beli tiket mending yang beli cuma satu orang, jadi kumpulin duitnya dulu baru berangkat, biar gak ngantri lama-lama.

Review tentang brand-brand hadir, mungkin lebih ke pasaran sih ya, gak mencerminkan brand-brand yang mendukung musik dan komunitas-komunitas movement. Sama aja kayak tahun lalu. Cuma beberapa aja yang bener-bener support scene. Bener-bener harus milih brand yang hadir kalo mau sesukses JakCloth. Entah ini perasaan aku dan temen-temen aja ya?

Venue outdoornya lebih luas dan lebih panas! Ha! Ada area skate nya, area muralnya, custom motor, area makanan dan minuman ringan, area spg rokok juga ada. Ha! Stagenya lumayan gede, dengan pagar yang lumayan tinggi. Oke kita lanjut ke perform band aja ya.

Pertama ada ben ber-genre Metalcore, aku lupa namanya. Permainannya mirip-mirip Memphis May Fire atau STDC. Apik. Moshpit terbentuk dan yang moshing kebanyakan anak-anak HC. Dan waktu itu aneh juga masih sepi venuenya. Yang bikin keren itu si pemain keyboardnya yang gotong Mac, entah buat gaya atau apa. Ha!

Setelah itu ada ben alternative rock yang ngecover Careful nya Paramore. Vokalnya kurang power menurutku, terus gitaris mereka cuma satu doang. Dan suaranya vokalnya itu loh bener-bener ngingetin sama orkesan. Duh. Meski udah tampil cantik, seksi, bahenol, ngobatin mata, tapi sebagai mantan die hard fans nya Paramore, udah ilfil dari lagu pertama! Ha!

Lalu ada ben Hardcore Beatdown asal Surabaya, Raising Down. Gokil, moshpitnya gede banget! Jadi di lagu terakhir bener-bener si vokalis ini mancing para HC kids buat bikin moshcircle yang gede banget! Bener-bener keren! Yah, thanks buat mereka yang jadiin HC sebagai barang yang hip! Ha!

Lanjut ada ben mateng bernama Zorv. Awalnya aku kira ben ini ben rock n roll punk macem Ramones, ternyata mereka bawain lagu berbau grunge juga. Absurd lihat ben ini. Gak tau gimana moshingnya hahaha. Namun hal yang memorable ketika lihat Zorv manggung adalah di part terakhir dimana sang gitaris yang ngerangkap vokal menunjukkan teknik gitar noise yang bener-bener keren dan menghibur. Ha!

Setelah Zorv, ada indie heroes dari Surabaya, Devadata. Meski udah denger kebesaran mereka dari jauh-jauh hari, tapi ini kali pertama lihat secara live. Jadi inget, dulu ketika denger namanya kayaknya ben bergenre black metal/death metal atau sejenisnya ternyata bukan, cacak-cacak ini hardcore. Awalnya aku kira oldschool hardcore tapi ketika aku lihat kemarin ternyata genrenya Metal/Hardcore.

Meski mengusung Hardcore, aneh juga sih ketika melihat rata-rata orang yang ngeramein venue bukan Hardcore Kids yang dari awal moshing+violent dance, tapi para metalheads! Lucu! Ha! Mungkin karena Devadata dibesarkan di skena metal, jadi agak rancu. Atau mungkin ada yang tau alasannya? Meskipun keadaan yang rancu begitu tapi venue berhasil diramaikan dan penuh sekali. Keren!

Yang perlu diketahui ketika nonton konser-konser seperti ini adalah jeda persiapan peralatannya yang lumayan banget lamanya. Ben-ben besar macam Devadata atau Seringai memang punya banyak kru, tapi gak menutup kemungkinan persiapan peralatannya lama banget. Nah tipsnya? Ya gak ada sih. Resiko! Ha! Hahaha. Ya mungkin pinter-pinter aja sih mengalihkan perhatian. Soalnya berdiri pas konser itu sangat melelahkan. Kecuali kalo kamu excited banget, jadi gak kerasa capeknya. Apalagi kalo dari awal capek abis perjalanan (jombang-surabaya 100 km lebih!) jadi harus ada planning istirahat sebelum masuk venue.

Untuk menunggu Seringai perform memang cukup lama, tapi aku cukup pintar buat mengalihkan perhatian ke backstage dimana Papa-Papa Seringai lagi sibuk ngobrol. Mungkin yang paling cukup asyik ngobrolnya Papa Arian, bahkan ketika Papa-Papa yang lain udah naik ke atas panggung doi masih asyik ngobrol sama cacak-cacak Devadata. Entah ngobrolin apa. Sempet juga ngeliat cewek berkuncir pake kaos hitam dan hotpants, yang awalnya gue ragu itu Kak Putri, road managernya Seringai (@missHOTRODqueen) tapi ternyata setelah gue google lagi, ternyata bener dia. Ngomong-ngomong kalo lihat doi dari jauh kelihatan jutek gitu ya. Hahaha. Bukan bermaksud Kak Put! :D

Mungkin gak terlalu jelas sih yang mana lagu pertama yang Seringai bawain, tapi ketika papa Arian udah bergabung sama papa-papa yang lain, mereka langsung bawain Dilarang Di Bandung! Ha! Moshpit pun langsung terbuat!

Mungkin gak perlu nulis tentang setlistnya Seringai ya, soalnya biasanya webzine-webzine yang lain bakal nulis hal yang sama (bilang aja udah lupa sama setlistnya!), jadi kite orang mau nulis keadaan pas performnya Seringai. Ha!

Ada beberapa hal yang absurd tentang penonton di performnya Seringai. Pertama, penontonnya gak liar dari awal sampe akhir. Mungkin awalnya sih moshing semua, kemudian pas tengah-tengah semuanya malah diem-dieman. Mungkin capek kali ya? Sungguh gak seru nih hahaha. Tapi pas di dua lagu terakhir Seringai pada moshing semua, Mengadili Persepsi dan Ace of Spades (Motorhead).

Kedua, moshpit sendiri ada dua! Sangat absurd! Jadi ada moshpit violent dance nya HC kids dan moshpitnya para metalheads. Hahaha. Ini lucu.

Ketiga, bener-bener deh pidatonya Papa Arian ini keren banget. Hal yang memorable ketika doi sarkas sama penonton yang nyari-nyari dompet. "Yak yang disitu ngapain tuh lihat-lihat ke bawah? Hape hilang? Dompet hilang? Resiko! Ha!". Kemudian doi juga menyinggung edukasi moshing kepada bapak-bapak generasi yang belum ngenal mosh rules. Dan bener-bener perlu banyak orang yang pinter bicara macam Papa kita yang satu ini untuk membuat orang paham tentang budaya moshing ini.

Ada tips lagi sih buat yang ngerasa kejauhan dan merasa jauh dari stage. Jadi saat orang-orang udah rusuh pada moshing, jangan malah mundur menjauh, tapi tetep di tempat. Ketika moshing sudah reda segera maju aja. Percayalah banyak space longgar buat mendekat ke arah stage. Trust me! Ha!

Dan performance yang bener-bener memorable, vokal Arian yang stabil, perform yang bener-bener sama dengan kaset (namanya juga konser musik keras bro, bukan konser jazz hahaha), juga pidato-pidato Arian yang terkesan sarkas tapi membakar semangat para penonton. Keren!

Udah ah.

For Seringai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar