Minggu, 06 Januari 2013

Menghadapi Limit Langganan Blog


http://www.bloggerborneo.com/sepenggal-kisah-hidup-seorang-blogger-borneo
Gue kaget banget ketika gue mendapati kenyataan bahwa berlangganan blog orang di blogger cuma dibatasi sampai 300 blog doang. Ketika gue mengeluh soal ini, bang Alid langsung komentar.

"Udah dikasi gratis domain, gratis hosting masih minta yang lebih" Hahahah.

Sebenernya dari kekagetan itu kemudian berubah menjadi kebingungan. Soalnya gue ini menganut paham dimana seorang yang tekun belajar dari sesuatu itu pasti mengalami kesalahan-kesalahan hingga akhirnya dia menjadi ahli, namanya proses. Sejak awal gue serampangan mem-follow blog orang, gue kira meskipun isinya curhatan semua gue yakin suatu saat postingan mereka bisa menolong gue. Namun semakin kesini lagi, apalagi dengan position gue dengan slogan "Music, Photography, and Logos" jelas gue lebih pilih-pilih lagi dalam nge-follow blog orang lain. Hehehe.

Sebenernya bisa sih langsung unfollow blog-blog yang udah jarang di update lagi, namun sistem blogger untuk menampilkan blog-blog yang kita follow dari awal gue pindah dashboard sampe sekarang error terus. Gue gak berkecil hati, di salah satu sistem lama yang belum di upgrade sama Google, ada yang nampilin daftar following blog kita. Namun ternyata tidak bisa semuanya yang ditampilkan, hanya urutan awalan "A" doang yang muncul. Haduh.

Setelah men-stop-following beberapa blog di urutan "A", terbersit sebuah solusi ekstrem dengan stop following semua blog. Namun semua blog yang tadinya di follow itu di bookmark terlebih dahulu, lalu disortir satu-satu. Azzek. Bayangin aja melototin hampir 300 blog, terus dikepoin satu-satu lalu dipertimbangkan "ini nyambung gak dengan jalan hidup gue?" hahaha.

Gue juga ada sih akun Wordpress, baru-baru ini gue aktifin kembali untuk membuka readernya. Gue juga ada akun Tumblr buat Orange Cake Creative, bisa digunain untuk follow blog clothing yang kebanyakan pake Tumblr. Namun solusi ekstrem itu kayaknya bener-bener pengen gue lakuin deh. Hahaha.

Yang paling sulit menurut gue mencari blog musik yang membahas masalah indie scene. Ada dua blog musik yang cukup menarik perhatian gue, thistimeeasycore.com dan bandung-underground.com. Keduanya beda dalam mengisi postingannya. Yang satu sering wawancara dan ngasi info tentang band yang rilis single atau album. Yang satunya suka nerangin masalah indie scene dan ngasi info-info gigs.

Blog bisnis pun ada banyak. Dan ini macamnya gak cuma tentang entrepreneurship doang, ada juga yang marketing macam creasionbrand.blogspot.com, ada juga baru-baru ini yang bahas brand yaitu tambalbrand.blogspot.com. Ada juga pentolannya TDA, pak Roni di roniyuzirman.wordpress.com namun yang paling gue suka tetep Startupbisnis.com hehehe, meskipun feed nya gak kebaca sama Blogger.

Blog-blog clothing paling banyak di Tumblr. Gue juga heran sih, tapi yang hadir juga merek-merek besar macam Peter Says Denim, Crooz Apparel, Schitzo Apparel sampe yang dari Jogja, Diztronesia.

Anak-anak yang kuliah di Desain Komunikasi Visual juga banyak yang di Tumblr. Kecuali neng Mutia yang suka bikin comic strip atau Castella Nattalia sang siluman itu. Hahaha. Ada juga mas Ndop, bakul tracing wajah. Hehehe. Kemudian yang dari Semarang itu temennya Arip Muhammad aka Pocongg, gue lupa namanya. Dan beberapa yang emang udah berkecimpung di dunia desain, dan gak bisa dibedain orang ini otodidak atau lulusan DKV hohoho. Kalo gue sih ada blog yang khusus untuk desain-desain, photography asal-asalan hahaha, di jojozshowcase.blogspot.com

Untuk Photography, Clothing sama Desain sebenernya gue punya daftarnya sendiri-sendiri di Facebook. Jadi Facebook emang baik sekali untuk merangkum semuanya dalam beberapa klik. Jadi untuk Photography ada sendiri, terdiri dari blog-blog photography dan fanpage-fanpage para fotografer. Lalu clothing lebih banyak fanpage-fanpage clothing yang isinya mereka jualan terus kerjanya. Terus Desain yang terdiri dari desainer-desainer, fanpage-fanpage dan entah kenapa gue masukin fanpage untuk meme. Haduh kesalahan. Tapi akhir-akhir ini jarang buka ketiga daftar ini.

Clothing https://www.facebook.com/lists/3156630333535Desain Grafis https://www.facebook.com/lists/3150158771750Photography https://www.facebook.com/lists/3344703235240Bisnis https://www.facebook.com/lists/3169717740712

Oh iya, gue juga pengamat film. Gue follow blog-blog yang nawarin film-film bajakan. Muahaha. Terus ada juga blog yang update terus masalah review film movieenthusiast.com yang sempet crash sebulan yang lalu. Ini semua gara-gara DF, tapi gue gak se-geek dia sih masalah perfilman hahaha.

Anyway kok postingannya jadi sharing blog-blog yang gue follow sih. Udahan aja deh ya. Hahaha. Oh iya jangan lupa mampir ke http://orangecakecreative.blogspot.com dan tinggalin komentar ya, soalnya gue butuh saran dan kritik di sini :)

2 komentar:

  1. banyak juga ya 300... ck ck... sempet ga bacanya... hehehe.. kalau diriku pake rssfeednya google saja. Lebih mudah.

    BalasHapus
  2. Mas Applausr

    Oh yang google itu mas. Saya malah bingung pake itu hahaa.

    BalasHapus