Jumat, 04 Januari 2013

Beberapa Komunitas Bisnis Yang Gue Kenal di Twitter


Gue memiliki mimpi menjadi entrepreneur udah lama, sekitar 2-3 tahun yang lalu. Mungkin waktu gue kelas 3 SMA udah ada rencana buat menjadi seorang entrepreneur, orang tua juga udah mendukung meski belum nyambung dengan apa yang gue mau dan butuh untuk menjadi entrepreneur. Dan karena studi gue itu "spesial" banget jadi selama ini gue super-galau karena hampir gak bisa membagi waktu buat keduanya, karena semuanya butuh fokus dan totalitas jika ingin berhasil... Mungkin besok gue terangin deh, studi macam apa gue ini :)

Kali ini gue share tentang komunitas-komunitas bisnis yang gue kenal selama 2-3 tahun ini, kebanyakan gue temuin di Twitter. Kalo ada salah mohon dikoreksilah, soalnya gue cuma sekedar kenal doang bukan tau seluk beluk mereka hehehe. Here we go!




















Yubi | @YukBisnisCom
Yubi atau Yukbisnis.com adalah portal ecommerce yang belum lama didirikan, kalo enggak 2011 ya 2012 lah. Leadernya adalah Jaya Setiabudi aka mas @JayaYEA, namun personal yang gue suka sekarang adalah mas @fikryfaytullah, seorang marketer freelance yang juga blogger, berasal dari Medan (kalo gak salah) yang juga bela-belain pindah ke Bandung untuk ikutan timnya mas J (@JayaYEA). Mas J pun kalo gak salah, gue pernah tau kalo dia juga pindah ke Bandung untuk fokus menggarap Yubi ini dan menjadikan Bandung sebagai basis Yubi (ini analisis sotoy hahaha).

Kalo pernah lihat kultwitnya Mas J di Twitter pada tahun 2011 atau 2012, doi pernah share kalo pada dasarnya Yubi didirikan terinspirasi dari Kaskus, dimana Kaskus adalah berbasis komunitas, dan penghuninya sangat loyal dengan brand kaskus itu. Bedanya Yubi terfokus pada komunitas bisnis, sedangkan Kaskus kalo gue lihat pergerakannya mereka lebih ke arah komunitas teknologi. Pernah gue baca artikel bisnis, bahwa ternyata Yubi berhasil membuat komunitasnya menjadi loyal.

Kalo melihat ke belakang, Mas J sendiri termasuk salah satu pentolannya Young Entrepreneur Academy (YEA) salah satu ruang pendidikan untuk mencetak para entrepreneur dengan tempo 6 bulan (kalo gak salah sih). Gue kira dulu pentolannya cuma Mas J doang, ternyata ada lagi yaitu @KukuhYEA dan mungkin masih ada yang lain yang gak sering muncul. Sedangkan kalo lebih belakang lagi, Mas J adalah jebolannya Entrepreneur Academy (EA). Informasi ini gue dapatkan dari bukunya sendiri The Power of Kepepet, gue lupa siapa pendirinya yang pasti orang ini pengusaha besar. Kalo lebih ditarik lebar lagi, gue berpendapat kalo Mas J berteman dengan Mas Ippho, Jamillazaini, Sandiaga Uno dan orang-orang yang sering dimention sama mereka, yang semuanya sukses dengan komunitas bisnisnya masing-masing. Kemungkinan besar benang merah di antara mereka adalah EA, tapi gak tau juga sih kan gue bisanya cuma nebak. Hehehhe.
























The Marketeers | @the_marketeers
The Marketeers yang gue tau adalah sebuah majalah yang membahas masalah marketing. Namun kalo ditarik ke belakang, cikal bakal The Marketeers adalah MarkPlus, Inc yang didirikan oleh salah satu guru besar Marketing dunia, Hermawan Kertajaya yang berbasis di Surabaya. Jadi kalo Surabaya, gak kagetlah kalo akrab banget sama pak Dahlan Iskan yang perusahaannya emang berbasis di Surabaya :D

Barusan orang-orang The Marketeers membuat sebuah acara, kalo gak salah namanya Marketeers Conference. Dimana tahun ini mengambil tema, "The World is Shaking, Indonesia is Standing" dimana mulai tahun 2010-2012 Indonesia terus mendapat insentif positif dari pelaku pasar dengan ekonomi yang terus menanjak. Pak Hermawan juga pionir tentang Marketing with Humanity, yang pernah gue jelasin di postingan dulu-dulu. Jadi para pelaku marketing sekarang diajak untuk jujur dan lebih peduli lagi pada sekitarnya, jadi bukan hanya sekedar mengejar profit.

Kemudian Pak @hermawank (Hermawan Kertajaya) juga ada kaitannya dengan mas @yuswohady. Mas Yuswo ini adalah orang marketing yang sukses dengan komunitas Marketing 3000 nya dimana hashtag #c3000 doi yang ngenalin ke dunia. Gue tau ada kaitan antara pak Hermawan dan mas Yuswo saat gue baca bukunya, dimana disitu pake Hermawan menulis kata sambutan juga. Hahaha.

Salah satu pentolan komunitas TDA (Tangan Di Atas), @roniyuzirman menurut gue juga berteman dengan mas Yuswo. Nah mas Roni ini gue baca blognya, ternyata juga mengenal mas @adezAulia yang sukses dengan #CreativeNetwork nya. Lalu ada nama-nama seperti @krismoerwanto, @handoko_h dan lain-lain. Hingga gue sendiri juga bingung menarik benang merah dari semuanya. Hahaha.














StartupBisnis | @StarupBisnis
Gue kira ini adalah Rookie of The Year untuk komunitas bisnis, dimana StartupBisnis.com dibuat untuk men-share jurus-jurus rahasia para pelaku usaha yang sukses. Pendirinya adalah @DennySantoso, seseorang kalo dilihat di Twitter adalah orang yang lebih ke arah masalah olahraga dan fitness. Tapi ternyata gue baca salah satu artikelnya StartupBisnis, Mas Denny ini juga tertarik untuk masalah bisnis to bisnis, dan akhirnya mendirikan StartupBisnis. Basisnya gue kira di Jakarta.

Kemudian ketika gue membaca artikel yang lain, ternyata mereka ada komunitas yang emang kerjaannya membuat sebuah startup yang kebanyakan situs-situs yang bermanfaat. Salah satunya adalah pendiri dari Tiket.com, @NataliArdianto, lalu ada seorang desainer grafis sekaliber Richard Fang yang disebut-sebut. Ada juga nama Rein Mahatma, dimana gue tau dia juga pentolannya StarupBisnis. Di artikel itulah gue tau ada sebuah komunitas yang bisa diajak kerjasama ketika kamu punya ide bisnis yang berbau portal :D

Yang gue suka dari Startup Bisnis adalah forumnya, satu hal yang gue gak dapetin di Yubi. Mungkin kalo melihat besarnya Yubi sekarang, forumnya pasti rame sekali :D

Begitulah, masih ada banyak sih kayak komunitas Young On Top (YOT) nya mas @BillyBoen lalu ada trio @mrshananto, @yorissebastian dan @ReneeCC. Gue aja tadi hampir lupa dengan TDA. Dan masih banyak lagi komunitas-komunitas bisnis yang belum bisa gue sebutin di sini, saking banyaknya.

Tapi yang pasti kita hanya perlu fokus sama satu komunitas aja, jangan semuanya difokusin. Tapi yang namanya network ya gak cukup cuma satu doang hahaha. Kalo posisi gue sekarang, gue mengikuti StartupBisnis tapi gue membangun ecommerce di Yubi hahaha. Perlu dievaluasi emang.

------------------------------
Jangan lupa kunjungi blog portal clothing gue, Oshi http://orangecakecreative.blogspot.com dimana kamu bakal dapet info soal clothing, music, photography dan desain grafis tentunya. Kenapa sih dipendekin jadi Oshi? Oshi kalo diterjemahkan dari bahasa Jepang, gue anggep plesetan dari Oishi yang berarti "enak". Jadi pembaca Oshi menganggap Oshi sebagai makanan yang enak :D sedangkan pengucapan Oshi sebenernya pengucapan bahasa Inggris dari OC, singkatan dari Orange Cake :D

Udah ah.

5 komentar:

  1. Goodluck Jooooooozzz dengan apa yg lo mau deh, yg penting itu action jangan hanya bicara tok ^_^

    BalasHapus
  2. Alid
    Siaaap kakaaaa! Iya ini kebanyakan bicara ternyata hahaha

    BalasHapus
  3. Weleh, keren nih. Thanks brow inpohnya.

    Btw, mampir ke blog gue dong, butuh suntikan komentar nih di postingan lomba... Thanks before. :D

    BalasHapus
  4. *langsung gugling mengenai denny santoso... *

    makasih infonya mas..

    BalasHapus
  5. Glen

    Makasih bro :D

    Mas Ndop

    Selamat gugling mas :D

    BalasHapus