Jumat, 18 Juli 2014

[El Menjawab] Menilai Diri Sendiri



Di Hitman System (selama gue mengubek-ngubek website dan follow twitternya) dalam pra-hubungan orang-orang dikelompokkan/dinilai menjadi beberapa level ketertarikan. Yang paling mudah itu dibedakan jadi menarik dan gak menarik. Dan kita diubah menjadi seseorang yang menarik, dan setelah beberapa usaha mungkin ada pertanyaan apakah kita sudah berada pada level yang menarik?

Mungkin cara yang paling mudah adalah berkaca dan bertanya kamu kenal gak sama orang ini? Hahaha. Tapi melihat jawaban El, sepertinya memakai cara introjeksi. Yakni dengan memakai perumpamaan mengenali seseorang.

Susah juga jelasin kalo diri kita gak punya pengalaman hahaha. Soalnya gue sendiri juga dalam tahap menganli diri sendiri lagi.

Kalo gue membahas tentang kelebihan gue sendiri, ada beberapa poin yang gue dapet. Mulai dari kelebihan dalam membuat desain, bisa bikin line art, punya blog yang aktif, tau seluk beluk konveksi (meski gue gak punya ilmu produksinya), selera fashion lumayan, bisa editing video (arrgghhh gue jadi pengen bikin film lagi), dan mudahan dapet cara bisa dapet profit yang stabil dari kelebihan gue di situ.
Tapi itu tentang skill yak. Kalo tentang sifat gimana? Gue meragukan kalo gue orangnya baik hati hahaha. Dan beberapa jawaban di otak gue membuat gue sadar ternyata gue orangnya gak terlalu mengenal sifat-sifat buruk gue hahaha. Jadi PR nih. Mungkin bisa tanya ke orang lain yang dekat sama gue.

Setelah 2 hari stuck dengan pertanyaan yang sama, akhirnya dapet pencerahan dari Kei:







Dulu gue orangnya kena cuek banget, bahkan adek gue sendiri gak gue perhatikan. Namun sedikit demi sedikit gue lebih peduli sama dia. Lebih banyak mengalah meski bisa dihitung. Lebih bisa mandiri dan bertanggung jawab sedikit. Dulu gue juga merasa orangnya lebih mudah tersinggung, tapi sedikit berubah jadi lebih tenang menghadapi perkataan orang-orang hahaha sedikit. Gue juga sempet belajar storytelling, namun susah juga ya membiasakan bercerita kepada orang lain. Masak harus bercerita yang sama dengan terus menerus. Gak mungkin kan kita bercerita hal yang sama pada orang lain? Nah itu.

Ngomong-ngomong. Apa ada yang relevan dengan masalah percintaan ya... Bentar mikir dulu. Hahaha.

Karena tidak percaya diri, gue percaya hal ini yang membuat dulu gue merasa insecure, merasa takut kehilangan dia. Sampai akhirnya rasa insecure ini menjadi senjata makan tuan, menjadi bom waktu, menjadi virus yang puncaknya gue kehilangan dia.

Menurut gue, tidak ada kata cukup untuk meningkatkan kualitas. Tapi gak akan cukup kalo kita selalu membandingkan diri dengan orang lain, tapi bandingin dengan diri lo sendiri di masa lalu ;)

Regard, Jojoz

PS: bener-bener pusing mikirin postingan ini selama 2 hari hahahah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar