Jumat, 30 November 2012

Alasan Gue Bikin Web Portal

http://ieffffffaaaa.blogspot.com/2012/02/alasan.html



Emang rada aneh ya, seorang dari 2-3 bulan yang lalu berkoar-koar di blognya sendiri bahwa pengen banget buka sebuah brand clothing line yang bisa mengalahin brand raksasa negeri lain akhirnya jadi fokus buat bikin web portal. Ini memang di dasari oleh banyak kesamaan, dan salahnya gue baru nyadar sekarang x)

Pertama, gue terlalu banyak membaca artikel dari web portal macam MBDC dan Provoke Magazine. Jadi seolah-olah gue adalah pembaca setia mereka dan ikut terpengaruh dengan gaya bicara para penulisnya.

Dua, gue ternyata hobi blogging. Meski dulu ingin jadi penulis fiksi, tapi blogging kan menulis fakta ya? Jadi bener-bener beda. Lagian gue juga belum punya tim, jadi kayak ngeblog di blog sendiri tapi terjadwal hahaha.

Tiga, gue yakin ini karena gue pernah jadi back leader di mading zaman sma gue selama 2-3 tahun. Kenapa back leader? Karena nama gue gak ditulis sebagai leader di jajaran pengurus. Membangun web portal layaknya gue punya mading sendiri yang gue punya tim sendiri buat ngisinya dan gue tau para pembacanya yang butuh banget artikel-artikel di portal gue ini.

Empat, gue orangnya kritis. Alm pak Wadi aja yang notabene seorang yang disegani kaget sama gue yang menanyakan persoalan-persoalan politik. Tapi kritis bukan hanya tentang politik aja tapi tentang nasionalisme dan kepedulian kita terhadap sesuatu.

Meskipun gue tau ini belum bisa menghasilkan profit, tapi gue sangat enjoy mengisinya :)

Untuk masalah profit sendiri gue membaca artikel #99 dari pak @hermawank. Yang gue inget ada kalimat 'Free On Youtube! Paid On Live!'. Jadi emang profitnya emang bukan dari hasil produksinya sendiri. Ibarat kita bikin tahu tempe, jelas profit untuk kita dari jualan tahu tempe itu.

Kebanyakan web portal menghasilkan profit dari iklan. Itu terlalu menurut mainstream menurut gue. Dan lagi, harus mengandalkan traffic yang didukung oleh SEO yang canggih. Wah gue kan gak paham SEO. Gue berpikir profit yang gue hasilkan mungkin diundang ke acara-acara talkshow. Hahaha ibaratnya kayak penulis-penulis buku aja :D Di sisi lain gue juga mungkin bisa menghasilkan profit dari clothing, karena pada dasarnya tujuan gue buat bikn web portal adalah untuk mendukung brand clothingnya sendiri hehehe.

Kunjungi web portal gue, Orange Cake Creative Community http://orangecakecreative.blogspot.com

Gue juga butuh penulis nih yang interest dengan salah satu dari ini, yaitu twitter, musik indie, clothing, kampanye nasionalisme, logo designing dan photography. Kontak gue di blog ini atau twitter gue di http://twitter.com/aliasjojoz :)

-----------------------------

Gue juga punya band. Didirikan atas dasar kesukaan kita pada band bernama Paramore dengan alternative rock, not exactly alternative rock soalnya banyak yang memberi julukan mereka itu pop punk. Sekarang gue ajak buat pindah ke jalur pop punk indie yang notabene komunitasnya lebih gede lagi. Tapi pada gak mau. Sial.

Gue pun terlintas ide. Gue pikir lebih baik gedein ini band dulu baru ngangkat clothingnya. Sebelumnya padahal gue bilang ke Kece, bandmate gue bahwa lebih baik kita gedein clothingnya dulu baru ngeband yang ternyata gak jalan, soalnya para bandmate gue ini belum tertarik sama istilah 'clothing yang support band'. Jadilah gue balik tuh. Itu buat marketing di daerah gue sendiri, kalo di dunia maya jelas lewat portal dan blog gue ini.

Oke deh. Semoga menginspirasi. Gue tunggu saran-sarannya nih :D

Rabu, 28 November 2012

Banggalah Jadi Orang Indonesia dan Belilah Produk Asli!


http://jogja.okezone.com/read/2012/07/10/510/661446/masli-award-untuk-mal-anti-produk-bajakan




Setiap Rabu gue akan memposting sebuah kampanye untuk temen semua untuk lebih mencintai tanah air kita, Indonesia. Semoga dengan begini kita lebih sadar bahwa mendukung negara kita sendiri itu lebih penting daripada sebuah gengsi. Tidak peduli bagaimana caranya yang penting tersampaikan tujuan kita ini, tapi tetap dalam koridor yang tidak melanggar hukum ya :)

"Proud to be Indonesia and proud wearing original product" adalah kampanye-nya @peter_says, CEO nya Petersaysdenim. Ya, memprihatinkan produk sodara sebangsa sendiri dibajak oleh sodaranya sendiri. Ya, kalo kita membajak produk luar sih gak papa, tapi jelas itu melanggar hukum, friend.

Apa? Harganya mahal? Ya gak usah beli aja. Beli yang diskonan aja. Atau yang lebih baik adalah nabung dulu. Dan jangan coba-coba beli yang bajakan karena dengan itulah kita mengetahui rasa hormat kita pada sesuatu. Atau mungkin dengan cara gue ya, membangun brand sendiri :D

Faktanya memang memprihatinkan. Biasanya produk-produk bajakan itu berseliweran di pasar-pasar tradisional. Ada yang KW 1, KW 3 bahkan kualitas yang buruk pun ada. Dimana sih kesadarannya. Hukum di Indonesia memang kuat untuk melindungi warga negara sendiri. That's asshole.

Kadang gue berpikir, apakah orang-orang di sana yang terlihat memakai pakaian-pakaian daerah hanya sok-sok-an aja? Gue sendiri berpikir, pakaian daerah memang kurang keren untuk lifestyle kita yang sekarang. Tapi gue gak mencoba menutup akses untuk pakaian daerah untuk berkarya, kalo mereka disana kreatif dan mampu mebuat pakaian daerah menjadi setara dengan lifestyle sekarang. Wow, itu hal yang brilian dan gue yakin sulit sekali butuh perjuangan yang gak bentar.

Intinya belilah produk asli Indonesia.

---------------------

http://m.salingsilang.com/baca/rendang-dan-nasi-goreng-terlezat-di-dunia
http://www.apakabardunia.com/2012/07/makanan-terlezat-di-dunia-ternyata-dari.html


Oh iya, kemarin ada obrolan yang menarik antara para pakar yaitu pak @subiakto dan @pakbondan. Dimulai dengan statement pak @subiakto bahwa positioning India adalah pusatnya teknisi-teknisi IT/programmer dunia. Jadi jangan kaget aja kalo suatu saat nemu karyawan-karyawan yang India banget di perusahaan macam Apple, Microsoft, Samsung atau Google. Terus Korea Selatan yang menjadi pusat Musik dunia, ya dengan Hallyu serta Gangnam Style yang menggemparkan itu. Hahaha. Lalu Thailand yang mem-positioning-kan diri dengan negeri Sand and Sex. Lalu Indonesia?

Sebentar sebentar, positioning itu apaan sih? Kalo gak salah pak @subiakto bilang kalo positioning itu keinginan kita sendiri untuk dianggap seperti apa. Positioning beda dengan julukan, kalo julukan itu orang lain yang memberikan sedangkan positioning kan sebaliknya.

Kementerian yang paling kelihatan sibuk di dunia social media, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif mencanangkan positioning dengan tagline, Wonderful Indonesia. Namun oleh pak @subiakto sendiri sebagai pakar periklanan, tagline tersebut jelas kalah dengan positioning Malaysia karena sama. Namun jelas kita sendiri kita gak setuju dengan beliau karena keindahan Indonesia bener-bener kayak paradise. Tapi branding itu bukanlah sesuatu yang dibuat untuk dipertandingkan, dibuat untuk menciptakan sesuatu yang beda.

Kemudian @pakbondan nyeletuk untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat kuliner dunia. Hyah. Brillian. Pak @subiakto pun langsung membuat tagline-tagline dan akhirnya mereka setuju untuk tagline, "Indonesia, The World Best Cullinary Destination". Gue langsung teringat dengan thread di Kaskus bahwa ada polling dunia tentang makanan terenak di dunia, dan yang nomer satu adalah makanan dari Indonesia, gue lupa tapi yang gue inget ada dua atau tiga makanan asli Indonesia yang masuk 10 besar. Wow. Wonderful.

Akhirnya 2 pakar itu setuju untuk bekerja sama. Yah, kita lihat kejutan mereka ya :D

as seen on http://orangecakecreative.blogspot.com/2012/11/banggalah-jadi-orang-indonesia-dan.html

Selasa, 27 November 2012

Jadinya Portal Dan Polling Desain

snapshot orangecakecreative.blogspot.com



Seperti post sebelumnya, gue bakal membuat sebuah portal web. Yang belum tau portal web itu seperti apa, ya sama aja sih kayak blog cuma menurut gue kayak majalah digital gitu. Misalnya kayak detik.com nah itu disebut portal berita, dan portal yang gue buat ini lebih ke arah majalah lifestyle.

Oke. Sekarang lo bisa liat di http://orangecakecreative.blogspot.com jangan lupa isi pollingnya yua :D

Rencananya sih gini, tiap hari portal ini bakal posting satu-dua artikel yang terjadwal. Misalnya hari Kamis gue nulis artikel tentang Produk Clothing Line Indonesia sama artikel pendapat kesotoyan gue tentang sebuah foto. Lalu hari Minggu nya bahas masalah Logo sebuah perusahaan dan filosofinya.

Masih tahap beta, masih banyak yang harus ditambah. Misalnya komentar, gue gak mau juga ketika ada yang bales komennya mereka gak tau kalo komennya dibales. Nah gue mikir, kadang orang-orang Indonesia itu jarang ada yang buka email. Hmmm.

Jadi sekarang pekerjaannya ya banyak baca-baca tentang membuat sebuah konten, dan lagi menghabiskan ebook nya StartUpBisnis.Com tentang membuat killer content :D

Oh ya, content-content ini harusnya lebih mengenal tentang SEO, tapi gue sama sekali gak mudeng masalah SEO. Belajar ke siapa yak.

Terus clothingnya gimana? Gilak sulit banget. Di tahap sekarang gue cuma bisa produksi kaos buat gue seorang. Modalnya belum ada, soalnya tabungan gue lagi dipake buat setahun dua tahun mendatang jadi gak boleh diutak-atik -___-

Insya Alloh ada jalan :D

Dan terakhir, gue membuat polling di sini http://fb.me/orangecake.creative jadi di page ini gue membuat 11 desain retro (di album foto) yang butuh like terbanyak, dimana yang dapet like terbanyak nanti bakal dijadiin kaos :)



Nah kalo ini favorit gue :D

Kalo mau vote silakan :D https://www.facebook.com/media/set/?set=a.517514004928115.124139.327364960609688&type=1&l=50bc9d00d7 ditutup sampe akhir November loh

Senin, 26 November 2012

Vierrania: Apa Yang Mereka Cari, Apa Yang Mereka Beri


Vierrania: Apa yang mereka cari, apa yang mereka beri

https://www.facebook.com/media/set/?set=a.213724335357080.56806.100001585467435&type=3


Seperti yang lo mungkin tau, gue bergabung dengan komunitas Vierrania sejak 4-5 bulan yang lalu. Dua kali sudah gue bisa ngeliat Vierra dengan keliling kota Jawa Timur. Apa sih sebenernya yang membuat gue gabung dengan komunitas ini? Tapi penjelasan alasan gue mungkin gak penting.

Momentum band ini mungkin sudah gak bombatis lagi sejak awal mereka muncul secara resmi pada 2-3 tahun yang lalu. Namun setelah gue masuk Vierrania khususnya bagian Jawa Timur, gue menemukan orang-orang dengan orientasi yang berbeda.

Oh iya. Perlu dijelasin sebelumnya. Momentum Vierrania yang paling kerasa adalah ketika Vierra ngadain tur daripada saat gathering biasa. Karena saat itulah mereka berkumpul dengan mempunyai agenda yang harus dihadiri. Jadi orientasi ini gue bikin berdasarkan saat Vierra akan mengadakan konser di sebuah kota.

Kebanyakan para abg cewek dan cowok yang emang belum pernah sekalipun liat konsernya, orientasinya jelas pengen banget liat idolanya dari mata ke mata. Sangat deg-degan, gak bisa napas, kaki gemeter, sampe-sampe hampir pingsan. Iya perasaan ini emang hal yang wajar kok kalo umur-umur abg gitu.

Bagi yang udah usia kuliah, orientasinya udah beda lagi. Mereka yang udah dianggap senior, dituakan dan 'permainannya' udah beda lagi jadi orientasinya lebih ke arah membangun pertemanan dengan sesama Vierrania antar kota yang sama-sama angkatannya. Gue sih bisa dimasukkan ke dalam kategori ini.

Kemudian untuk usia kuliah ini ada lagi yang gue panggil dengan "klub elit" dimana sudah menjadi keluarga besar Vierra dan diberi kepercayaan oleh manajemennya Vierra ketika mereka manggung di kotanya. Padahal mereka punya kesibukan sendiri-sendiri karena kebanyakan juga terbentur dengan jadwal kerja dan jadwal kuliah tapi mereka dengan rela masih ikut berperan seperti sudah kewajiban dan mereka semua melakukannya dari hati. Khas Indonesia sekali memang. Orientasi mereka bukan lagi tentang "ingin sekali ketemu dengan idola" tapi lebih ke arah tanggung jawab mereka untuk membantu Vierrania di kota lain.

Namun ada beberapa fans yang emang gak terlalu membangun hubungan sampai segitunya, dan itu memang banyak sekali. Mungkin memang minder karena orang-orang tidak mau tau dia seorang Vierrania. Gue gak mau menghujat orang-orang yang seperti ini, tapi untuk Jombang sendiri kita perlu lebih banyak orang yang terlibat engagement dengan Vierrania.

Demikian pendapat gue, memang ada yang perlu diperbaiki di sana-sini tapi ini adalah gambaran umumnya. Dan gue yakin tiap fansclub pasti seperti ini, apalagi yang sudah beregenerasi berpuluh-puluh kali :)

Minggu, 25 November 2012

Bikin Portal?


Bikin Portal?

http://www.imepl.com/multimedia/web_development.htm


Kayaknya gue pengen bikin portal. Karena terlalu banyak membaca sesuatu yang sama "Bikinlah konten yang bagus dulu sebelum berperang di social media". Gue juga dulu pengen sih buat bikin portal gitu yang khusus untuk dunia fantasi tapi gagal karena orientasi gue sekarang bukan sebagai orang suka bikin cerita fiksi. Background gue yang emang pernah di majalah dinding sekolah selama 2 tahun, membuat kepercayaan diri gue juga tinggi. Namun masalahnya gue harus nemu orang yang mau nulis juga buat portal ini, bukan hanya gue sendiri.

Portalnya tapi non-profit. Karena hidup dari komunitas dan brand. Dan mencerminkan tentang Orange Cake, Music Photography and Logos. Beberapa tema yang mau gue angkat antara lain.

1. Produk-produk terbaru Clothing untuk membantu para industri lokal

2. Follow Friday untuk membantu para user twitter menemukan orang yang pantas untuk di follow.

3. Ada kategori khusus yang menerangkan profil dan sejarah band-band indie Indonesia.

4. Juga ada kategori yang membahas sebuah logo dari perusahaan dan filosofinya.

5. Ada juga yang membahas tentang seorang cewek yang skill bermain musiknya gak diragukan, karena cewek yang main musik itu seksi :D

6. Dan terakhir tentang cerita fiksi yang berhubungan dengan Orange Cake.

Let's start!