Minggu, 27 November 2011

Kualitas Kaos Yang Beda


Halo.

Beberapa hari ini males keluar rumah, sehingga dunia maya gue telantarkan. Hehehe. Sekarang Mbak Tere ga bisa diajak kompromi masalah gretongan deh -___- ini bukan mbak tere yang di senayan itu lho. Hahahaha.

Kemarin gue sempet ke Jombang kota buat beli bukunya Anjar Oktaviani, kalo gak salah judulnya Curhat Kantor.



Gue followernya dia di twitter, dan belum beli bukunya. Hehehe.

Sebelum gue ceritain apa yang gue alamin waktu itu, gue pengen mengangkat sesuatu yang  pengen sekali gue angkat di blog ini. Tapi gak kesampaian kesampaian, makanya beberapa posting gue kebanyakan kopipaste. hehehe

Masalah Kualitas Kaos.

Di online shop-online shop tshirt di facebook maupun di google atau kaskus, sering gue membaca kuaitas kaos yang Combed 30s, Combed 20s, atau malah Combed 25s.

Dan ternyata gue gak bisa membedakan kaos-kaos tersebut -___-. Dan ini diperparah dengan Google yang tak bisa menemukan jawaban pertanyaan gue (iya, pusat informasi utama gue di dunia ini cuma google).

Yang gue tau selama ini, kualitas kaos itu dilihat dari mereknya. Jadi istilah kerennya itu Brand Personal (bener gak sih?). dan selama ini gue mengumpulkan beberapa merek terkenal yang bisa dijadikan acuan sih.

1.       Pallmall



Kemarin pas gue nyari kaos kuning di Kapasan (yang pada akhirnya ketemu di Pasar Turi), gue ketemu kaos Pallmall seharga @Rp. 18.000. Gila, gue gak nyangka. Sangat memenuhi budget gue saat itu.

Tapi branding personal dari Pallmal sendirilah yang membuat gue saat itu mikir dua kali. Kaosnya terkenal kasar, meskipun bisa menyerap keringat.


2.       Kaos Tidak Menyerap Keringat



Sumpah. Gue gak akan beli kaos yang kayak gini lagi! Kalo gratis mah, gue bakal mikir dua kali:p

Seperti yang elo liat merk Dagadu terpampang jelas. Yup, itu gue beli di Jogja pas TA kemarin (mudahan si Kumkum gak beli yang kayak gini besok di TA). Biasanya sih yang jual kayak gini di Jogja adalah bapak-bapak berwajah melas. Sumpah. Bener-bener melas!

Kalo mau beli harga aslinya, tawarlah sampe @10.000, kalo kasihan sama bapak-bapak yang harus ngehidupin keluarganya, tawarlah sampe @15.000 ;p

Kalo di Malioboro, biasanya buka harga @15.000. itu dulu gue beli seharga @15.000.

Kaos inilah yang gue sablonkan di Hari Musik seharga @45.000. Gilak. Kaos yang bener-bener harus pasang wajah melas buat jualinnya.

Sebenarnya sih kaosnya lembut, tapi ya itu gak bisa nyerap keringat sehingga bau badan kemana-mana.

3.       D168
Setelah nyasar di Pasar Atom dan akhirnya ke Pasar Turi (belakangan gue tau di Pasar Atom ada lapak orang kaskus). Dan di salah satu outlet yang ramah, gue ditawari kaos dengan budget lebih mahal.



Ini kaos kuning yang gue pajang di Orange Cake Gallery.

Yang polos sih harganya @27.500. Makanya gue bisa disebut kapitalis dengan ngejualnya dengan harga @60.000. muahahahaha. Tapi jangan salah, gue buka nego kok. Lagipula ini bukan Pallmal dan bukan juga Dagadu :p

Kayaknya sih kaos produk lokal. Lembut tapi gue yakin masih ada yang lembut lagi dari ini. Sebenarnya harganya sih @35.000 Cuma yang ini adalah kaos buat anak-anak. Makanya gue beli yang ukuran xl.

4.       Djogker Tshirt.
Ini kaos yang paling gue banggakan dari Jogja. Hahaha



Gue harap si Kumkum besok kalo TA ke Jogja, dia bakal beli ini buat gue -ngarep- ;p

Kaosnya gak boleh ditawar! Itu yang paling gue inget. Tapi teknik marketing mereka menawarkan value, yaitu kualitas sablonnya! Dan ternyata setelah gue memasuki dunia kaos ini, harganya termasuk muraaaahh (tapi gak murahan). @30.000

Gak nyesel deh kalo beli! Sablonnya bener-bener kualitas yang keren (meskipun biasa).



“Kalo sablonnya pecah, sampeyan balikin mas. Nanti kita ganti yang baru”.

Yaelah, bang. Gue di Jogja Cuma sehari doang :p

Dan sampe sekarang itu kaos sablonnya gak pecah-pecah.

Beneran. Gue ngarepin kalo Kumkum beli ini buat gue. Maunya sih, gue pengen titipin dia duit yang banyak. Tapi anak muda itu kalo dibilangin gak bisa, tapi harus diberi kesempatan mencoba.

Maksudnya, dia TA pasti punya tujuan tersendiri (dan gue kenal dia 2 tahun lebih). Kalo gue ikut-ikutan titip, ntar dia ngerasa tertekan pas TA :p

Oh iya. Untuk kualitas kaosnya sendiri sama aja kayak nomer 3, D168. Tapi nilai plus mereka adalah kualitas sablonnya. Dan bandingin aja harganya.

D 168 @Rp. 27.500/35.000 masih polos ditambah ongkos sablon @Rp.5000
Djogker Tshirt @30.000 sudah tersablon dengan kualitas yang baik!

5.       Cressida




Curcol, dulu ah.

Sebelum gue memasuki dunia kaos, gue sering dibelikan kaos sama Nyokap. Memberi kesempatan pada hasrat belanjanya :p

Dan yang gak kalah aneh dan asyik, Nyokap punya toko langganan yang bisa diutang. Hahaha. Makanya ketika gue minta kaos dari toko yang lain, wajahnya Nyokap langsung berubah :p

Meskipun Nyokap udah kelihatan bersikeras untuk beli di toko langganannya, tapi gue sangat kaget tiba-tiba Nyokap beliin gue apa yang gue pingin dengan harga selangit. Gila. Gue gak pernah tau kalo keinginan seorang anak sampe ngeganngu pikiran orang tua sampe gini.

Dan dari situ gue nyadar, betapa banyak pengorbanan yang Nyokap buat gue dan adik gue. Oh iya, gue bakal punya adik baru ini. Hehehe. Terpaut 20 tahun dari gue ;p

 Cukup curcolnya.
Cressida punya branding personal yang cukup khas. Kalo gue bilang, kainnya sih sama aja kayak Pallmal. Tapi harganya bisa nyampe @50.000. itu di Sampit.

6.       Buzz Psyconcept
Dari deretan kaos yang dibeliin nyokap, Buzz adalah favorit gue.

Yang gue suka dari kaos ini adalah ketebalannya. Meski tebal, tapi cukup sejuk dipake. Ini harganya bersaing  (gue pikir) dengan Cressida, Metalizer, MCB, dll.

7.       C59
Ada cerita sendiri saat gue pengen nyari kaos ini.



Jadi di Ploso gue dapet rekomendasi ke seseorang yang biasa mencari C59. Setelah gue bertemu dengannya jadinya ada sedikit curcol dari orang tersebut, guenya kena semprot dan adu mulut. Ckckckck.

Terus kejadian gue beli kaos ini juga sangat terpaksa. Jadi ini adalah kaos sebuah acara, dan mau gak mau gue harus beli dari orang lain.

Yah, apa sih yang menang dari C59? Menurut temen gue, kaos yang gue beli ini masih kasar dan ada yang lebih lembut namun lebih mahal.

Menurut gue kaos ini lebih kasar dari Pallmal malah.

-----

Begitulah beberapa Brand Personal kaos dengan kualitas yang beda-beda.

Ada seseorang yang pengen gue ambil ilmunya. Dia punya sebuah konveksi garmen yang lumayan besar (gue gak tau besarnya segimana). Biasanya gue sempet tanya-tanya gitu masalah dunia perkaosan, tapi situnya juga rada gimana gitu. Hahahaha

Gue juga sempet introspeksi, dan hasilnya bisa dilihat sebagai berikut.

Intropeksi Diri dari Clothing.

1.       Saya belum tau kualitas kaos yang terbaik, tapi sudah tau kualitas kaos yang terendah.
2.       Saya belum tau perbedaan combed 20s atau combed 30s.
3.       Saya sudah akan menemukan teman yang bisa membantu.
4.       Saya punya teman yang sedikit tau masalah dunia perkaosan.
5.       Saya sudah pernah clothing kaos yang kualitas kaosnya rendah.
6.       Saya sudah pernah clothing kaos yang kualitasnya menengah

Untuk Koneksi Sablon.

1.       Di Jombang, tapi ini belum pernah ketemu. Profesional, banyak bonus dan memuaskan tapi tidak bisa dipercaya jika memesan kaos.
2.       Ikhwan 5 di Kencono Wungu. Track of the Recordnya buruk, tapi cepat, lingkungan sendiri, dan murah.

Untuk Koneksi Kaos.

1.       Mbak Mus, Toko Bintang Remaja, PGS Pasar Turi Lt 3 blok C-2 No.3 (Kaos lokal dengan kualitas menengah, harga @27.500)
Pelayanan memuaskan, harga sedikit mahal, cukup sulit mencari tokonya.
2.       Akang Windu, DaCostume Convection. (kaos lokal buatan sendiri, belum tau kualitasnya).
Masih lingkungan sendiri, koneksi bisa via twitter/facebook/pacarnya, track of record bagus, dan terdengar mahal dan eksklusif.
3.       Kakak Lie, Toko Sinar Terang, Pasar Atom. 08563080409 (kaos lokal, kualitas menengah).
Mudah mencari tokonya, kaosnya out of date, kualitas menengah, harga @35.000.
4.       Pasar Kapasan (kaos polos Pallmall).
Sulit mencari tokonya, murah kualitas pallmall @18.000.
5.       Djogker Tshirt, Jl. Wates km 4,5 Gamping Kidul RT 03/17 Ambarketawang Sleman Gamping, Indonesia 55294

Okelah. Cukup untuk postingan kali ini.
Tujuan gue posting hal ini cuma satu, yaitu curhat dan share tentang kualitas kaos bagi yang pengen terjun di dunia ini. Karena google bukan lah segalanya :D

Sincerely, Jojoz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar