Senin, 29 April 2013

Don't Tell Them If We Talk About Indonesia




Karena postingan gue sendiri di blognya ORANGECAKE Creative, gue jadi pengen ngeben lagi. Pada akhirnya gue ditantang untuk menciptakan lagu sendiri dengan menyampaikan propaganda nasionalisme. Setelah brainstorming akhirnya terciptalah lagu ini.



Judul: 
Don't Tell Them If We Talk About Indonesia

Lirik:
Apanya yang pertumbuhan ekonomi
Bagi kami hanya euforia semu
Ekonomi hanya milik orang kaya raya
Tak merata bagi semua bangsa Indonesia

Tidakkah kamu menuntut keadilan
Walaupun kuping para penguasa telah tuli
Kita disini dipermainkan segelintir orang
Yang selalu haus akan kekuasaan dan serakah

Coba buka matamu dan lihatlah
Sodaramu begitu banyak kemiskinan
Gerakkanlah hatimu untuk menegakkan
Keadilan untuk semua bangsa Indonesia

Tidakkah kamu menuntut keadilan
Walaupun kuping para penguasa telah tuli
Kita disini dipermainkan segelintir orang
Yang selalu haus akan kekuasaan dan serakah


Coba buka matamu dan lihatlah
Sodaramu begitu banyak kemiskinan
Gerakkanlah hatimu untuk menegakkan
Keadilan untuk semua bangsa Indonesia


Wahai pemuda-pemudi penerus bangsa
Lihatlah sekelilingmu! Tetanggamu!
Apakah mereka membutuhkan bantuan?
Apakah mereka membuatmu iba?
Janganlah malu untuk bergerak!
Janganlah malu untuk berbuat kebaikan!
Beranilah! Beranilah berbuat kebaikan!

Coba buka matamu dan lihatlah
Sodaramu begitu banyak kemiskinan
Gerakkanlah hatimu untuk menegakkan
Keadilan untuk semua bangsa Indonesia

Coba buka matamu dan lihatlah
Sodaramu begitu banyak kemiskinan
Gerakkanlah hatimu untuk menegakkan
Keadilan untuk semua bangsa Indonesia
Semua bangsa Indonesia
Semua bangsa Indonesia

Kalo dilihat lebih ke arah kritik sosial daripada propaganda nasionalisme hahaha. Tapi pada dasarnya nasionalisme yang gue ngerti salah satunya adalah dengan peduli dengan sesama, sosialisme lah kata orang akademisi. Tapi bukan sosialisme yang menghalalkan cara, tapi sosialisme yang dibatasi dengan norma-norma kebaikan.

Gue pengennya nama band project seperti judul lagu ini, Don't Tell Them If We Talk About Indonesia jadi penyebutannya gue lebih suka begini "DOTTIWETABI" DOn't Tell Them If WE TAlk About Indonesia. Gue juga pengennya salah satu ciri khasnya adalah pembacaan lirik seperti membaca puisi. Gue gak jago baca puisi, yang lebih berpengalaman baca puisi itu si DF #eh (jadi lo tau kan inspirasinya siapa :p) sebenernya inspirasinya bukan dia sih, tapi gegara lagunya DIVIDE - Titik Dalam Koma pas bagian semua personil pada kayak pembacaan naskah gitu. Gue sekarang lagi dengerin Thirteen, dan lagu Titik Dalam Koma kayak lagu Take Your Foot Out of My Door (btw gue penasaran abis sapa clean vokal di lagu ini, mirip banget sama karakter suaranya Sansan pas di Killms).

Ngomong-ngomong jadi banyak ide nih. Pengennya this project kayak Gorillaz gitu jadi penggabungan visual art + audio (btw yang kayak gini banyak banget sekarang, bahkan jadi urban culture tapi gue belum lihat kayak gimana orang-orang ini perform). Pengen kayak Gorillaz dikarenakan tidak memiliki personil band hahahah. Kalo memilih genre punk 3-4 orang aja cukup sebenernya, cuma gue masih nemu drummernya doang. Tapi bagi gue personil yang kurang itu gak masalah, yang penting kalo diundang main pake additional player yang banyak hahahaha. Dochi PWG juga sempet dateng ke studio rekaman sendirian terus diejek sih sama yang punya studio hahahah.

Oke sekian dulu. Terakhir gue lagi terobsesi sama ini cewek yang gak taunya pada dasarnya dia juga selain dikenal sebagai gitaris death metal kerjanya berhubungan dengan visual art. Enjoy!



sesudah nulis post ini gue juga bikin video art buat lagu ini. minimalis banget tapinya :D
Enjoy!


Dan bisa juga donlot video ini sama mp3 nya di sini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar