Selasa, 05 Maret 2013

Pengen Bikin Music Event


thirteen crooz tour 2011
Seperti yang kita tau atau buat kamu yang baru baca ini, ORANGE CAKE menyasar kalangan musik, terutama musik indie. Mengapa musik? Pada dasarnya kita tidak hanya mendukung music, tapi juga photography dan graphic design. Namun untuk sekarang ini kita baru bisa bertemu dan menjalin hubungan dengan komunitas musik. Anak muda Indonesia yang menjadi segmen kita juga gak bisa lepas dari musik.

Kalo bicara tentang musik, jelas kegiatan yang paling sering diadakan adalah pertunjukkan musik atau dengan nama lain konser, gigs, show, dsb. Nah dari itu gue (Jojoz) merasa kurang afdol jika Orange Cake yang mengaku menyasar kalangan musik tidak mengadakan sebuah pertunjukkan musik. Nah itu yang menjadi dasar pijakan dari kita untuk mengadakan sebuah event atas nama ORANGE CAKE Creative.

Tapi pertunjukkan musik sudah sering banyak dilakukan oleh clothing-clothing yang lain, namun kita, Orange Cake yang manruh Creative jelas harus beda dari yang lain. Maka dari itu memakai filosofi 'start small' kita mau konsep acaranya nanti pertunjukkan musik akustik. Diharapkan selain menunjukkan eksistensi dari sebuah clothing yang bernama Orange Cake kita juga ingin membuat challenge bagi band-band yang bermain di event kita untuk menunjukkan musik akustik yang kreatif, sehingga musik tidak melulu tentang distorsi gitar. Namun ini hanya permulaan, kita juga suka kok musik-musik yang berdoistorsi :D

--------------------------------

Demikian line gue tentang hal yang sangat gue pengenin lebih dari keinginan gue untuk membeli kamera DSLR. Hohoho.

Pertama, gue berpikir gigs bisa menjadi salah satu promo yang 'mengasyikkan'  dan 'cukup' dengan budget gue sendiri yang gak seberapa. Hohoho.

Kedua, selain menjadi promo yang bagus, gue sendiri juga gak punya toko offline yang bisa membantu penjualan gue, dan gue yakin music event bisa menjadi pengganti toko offline Orange Cake dengan pengunjung yang disuguhi pertunjukkan musik.

Ketiga, pertunjukkan musik atau gigs yang diadakan sebuah clothing memang hal biasa. Maka dari itu ini menantang gue untuk lebih kreatif dari pada yang lain.

Keempat, gigs menurut gue merupakan sebuah dukungan terhadap musik. Kalo melihat industri musik yang sekarat dimana pembajakan bener-bener masuk sebagai budaya Indonesia yang baru (meski sekarang benar-benar kelihatan perjuangan para pelaku musik untuk bangkit), dimana mereka mengandalkan gigs untuk menghasilkan pendapatan.

Konsep yang gue pikirkan adalah event-event musik seperti ini diadain setiap bulan (mungkin ke depannya bakal seminggu sekali hohoho). Karena 'start small' (ini filosofinya Yoris Sebastian di buku Creative Junkies meski gue belum baca bukunya) maka gue pengennya akustik. Tapi bukan berarti akustik ini gak butuh budget, gue hitung secara kasar minimal satu juta lah, itupun cuma dua peralatan.

Jadi nanti butuh sound amplifier dua buah kanan dan kiri. Lalu satu set peralatan akustik band macam gitar, keyboard, bass dan drum (kalo drum akustik jaman sekarang pake drumbox tuh). Terus michrophone sekalian stand mic-nya yang gak cuma butuh satu doang :D

Mengenai tempat, sebenernya gue ada sih cuma kalo dibikin event music harus minta ijin dulu wahahahaha. Tempat emang hal yang pasti ya, kalo ada tempat gratis gitu enak kali ya hahaha.

Dan... karena gue ngepostnya gak langsung 'single file' (ibarat bahasa para tukang download) jadi rada lupa juga gue mau bahas apa. Hahahah. Intinya postingan ini bercerita tentang pertunjukkan music buat promosi ORANGE CAKE, dan karena gigs macam gitu udah banyak kita harus tampil beda.
Sekian :)

Post script: penulisan ORANGE CAKE yang benar itu dengan huruf kapital sebenernya x)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar