Selasa, 12 Maret 2013

April! Imperialism Fluyt!: My Next Design's Project




Gue mendesain buat @ORANGECAKEc lagi--iya emang pada dasarnya itu clothing gue dan gue satu-satunya desainer di situ hahaha. Setelah re-branding Maret ini, next design juga gak jauh dari nasionalisme-dengan-simbol, gue kan membuat kapal! Kapal layar kaum imperialis jaman dahulu dengan Gold, Glory, Gospel-nya.

Karena Belanda yang penjajahannya paling lama di bangsa ini (350 tahun bok)--dan juga Orange Cake yang entah kenapa erat kaitannya dengan Belanda, mengilhami kata "Fluyt". Sebenernya gak sengaja sih nemu kata ini, pertama gue riset pake gugel dan akhirnya ketemu info kalo Belanda punya sebutan khusus untuk kapal layar mereka yang mengarungi lautan jaman dulu yaitu "Fluyt". Maka akhirnya gue menamakan desain ini dengan IMPERIALISM FLUYT

Twitter's name gue juga gue ganti dengan IMPERIALISM FLUYT.

Mungkin kalo yang follow gue di Twitter sempet baca twit gue yang menerangkan sedikit hal dari desain ini. Tujuan utama gue berasal dari kalimat Sang Guru,

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya"

JAS MERAH. Jangan lupakan sejarah. Jadi inget ini jargonnya Bung Karno juga (Marhaenisme, man), ini mengingatkan gue kalo gue belum riset tentang jas merah x)

Jaman waktu gue SD, gue dikasi informasi di buku-buku pelajaran kalo bangsa ini dijajah selama 350 tahun oleh Belanda. Semakin bertambah tahun kurikulum pendidikan juga semakin aneh dengan beberapa penghapusan pelajaran, lagipula pada dasarnya sistem pendidikan di Indonesia banyak dikritik oleh para akdemisi, ditambah jaman globalisasi yang membuat semakin mengikisnya identitas bangsa. Gue ragu kalo anak-anak SD sekarang masih diajarin tentang sejarah kita :D

"Waktu berganti, sejarah berulang"

Siapa ya, yang pertama kali punya quote kayak gini. Karena quote ini lah yang menurut gue (belum riset nih) mendasari JAS MERAH, mendasari desain gue (Imperialism Fluyt). Meskipun waktu telah lama berganti namun peristiwa yang sama terus terjadi. Aneh? Engga juga sih. Ini beberapa contoh.

Gue akhir-akhir ini men-download presentasi-presentasi orang Barat di TED.com (syukur banget nih ada yang ngasi translate bahasa Indonesia :D). Ada salah satu presentasi menarik tentang sejarah umat manusia, oke gue lupa siapa yang presentasi tapi pada intinya gue menangkap bahwa sejak jaman manusia hadir di Bumi gak ada yang nama Inovasi (oke gue inget presentasinya judulnya "Matt Ridley: Ketika ide-ide bercinta" itu bahasa Indonesainya x)), manusia semuanya hanya mengulang kembali.

Contoh yang paling berat adalah soal penjajahan ini. Dulu abadnya Christopher Columbus namanya adalah Imperialisme, penjajahan dengan modal kekuatan. Lalu di abad century dinamakan kapitalisme lalu di awal abad ke-21 dinamakan neo-liberalisme yang intinya semua sama aja, yaitu penghisapan manusia atas manusia :)

Jadi pada dasarnya gak ada yang baru dalam dunia ini. Ini semua dasar akalnya ya, apa Tuhan juga beranggapan yang sama di kitab suci? Ada yang mau ngecek? :)

Fluyt, kapal layar Belanda jaman dahulu adalah simbol imperialisme yang dibawa oleh pelaut-pelaut Belanda jaman dahulu. Begitulah benang merah antara "waktu berganti, sejarah berulang" - "jangan lupakan sejarah" - "imperialism fluyt dengan gambar kapal imperialisme" :)

Overall, sulit banget gambar kapal. Apalagi desainer kacangan jam terbang pemula macam gue :| yang gue butuhkan teknik-teknik lighting, shadow yang membuat kapal ini jadi "nyata". Masih mempelajari juga :|

Begitulah sedikit hal yang sementara ini bisa gue sampaikan ke kalian, Imperialism Fluyt resminya bakal keluar April. Mengenai kehidupan gue? Yah, lagi pdkt sama cewek meski pada akhirnya gue sadar gue gak serius banget buat membangun hubungan :| lalu kekecewaan gue melihat fakta bahwa ortu gue gak mendukung ORANGECAKE :| lalu keinginan besar untuk membuat sebuah gigs yang small tapi rutin :)

Sesuatu yang baru? Mungkin Scandal yang besok bakalan konser di Indonesia :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar