Jumat, 11 Maret 2016

Rasa Sakit Yang Belum Berakhir


Pendahuluan

Setiap kali melihat postingan mantan yang mesra dengan kekasih barunya, masih saja merasa kecewa, sakit, marah dan berbagai rasa ketika menghadapi kegagalan dalam menghadapi kompetisi. Saya berkali-kali menulis tentang mantan kekasih yang satu ini di blog ini, tapi ijinkanlah kali ini saya membahasnya dengan perspektif (pseudo) ekonomi-politik, tentu saja kekirian.

Kegagalan Cinta Dalam Perspektif Ekonomi Politik


Membahas ia dengan perpektif ekonomi politik adalah hal yang baru menurut saya. Mengingat tulisan-tulisan yang pernah saya terbitkan di blog ini memakai perpektif pickup artist, yang sayangnya ilmu-ilmu pickup artist yang saya pelajari telah luntur semua. Dikarenakan memang sengaja saya melunturkan itu semua karena ilmu itu hadir karena adanya sistem kapitalisme, yang jelas sekali bertentangan dengan ideologi yang saya anut. Oh iya, sekaligus memang karena jarang dipratekkan, tetapi hal ini bukan tanpa alasan.

Memang ilmu-ilmu itu berguna sesekali dalam mengobati kekecewaan-kekecewaan yang seringkali kambuh. Namun karena saya menyadari (dengan perlahan) bahwa ilmu pickup artist itu hanya cocok dengan orang-orang yang sudah bisa mencari duit sendiri atau dalam bahasa libcom: menjual sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga bagi manusia yang masih mengenyam pendidikan seperti saya, hal itu tampak mustahil dan kontradiktif.

Pertentangan Kelas


Kaum Marxis percaya dunia manusia ini dibentuk dengan sifat dialektis, pertentangan. Bukan pertentangan biasa, tetapi pertentangan kelas. Kelas yang didiami oleh mantan saya adalah kelas atas, dengan ayah yang berprofesi sebagai kelas birokrat eselon atas. Sedangkan saya berada di lingkungan keluarga kelas birokrat bawah. Ayah saya adalah pensiunan prajurit miskin, yang menurut Aji Prasetyo (salah seorang komikus lokal): mereka (prajurit miskin) ini yang dikorbankan oleh para jendral mereka di garda depan, dan mereka yang merasa mati karena membela negara padahal mah enggak.

Kalau hanya pengkategorian seperti ini, tidak akan ketemu kesimpulan-kesimpulan yang memuaskan. Menurut Hilmar Farid (sejarawan yang kini menjadi menjadi Dirjen Kebudayaan), harus ada kajian historisnya. Baiklah dengan mengikuti saran bung Farid, mari kita mengungkap kajian historisnya.

Apa yang membuat ayahnya dan ayah saya tidak sama nasibnya? Apa faktornya? Padahal masing-masing mereka adalah kelas birokrat. Apa memang kelas birokrat seperti itu? Bersifat hirarkis dan tidak adil? Selama seminggu ini saya berpikir terus mengenai hal ini. Birokratisme memang bersifat tidak adil.

Lalu mengapa bisa pekerjaan ayah bisa mempengaruhi kebahagiaan anaknya?

Selama ini kegagalan cinta yang saya peroleh saya yakini karena adanya faktor. Hidup di alam kapitalisme membuat kita harus menjual sesuatu untuk memperoleh sesuatu. Bila kita ingin mendapatkan cinta (di dalam alam kapitalisme), komunitas pickup artist yang selalu membedah hal ini meyakini kita harus melakukan metode-metode.

Nah metode-metode ini mengharuskan kita menjual (investasi) waktu kita untuk mendapatkan hasil. Salah satu metode pickup artist yang saya tahu mengharuskan diri kita untuk keluar dan bergaul dengan orang banyak[1]. Yang mana bila kita diharuskan menjual sesuatu untuk mendapatkan sesuatu adalah ciri khas dari kapitalisme[2]. Sedangkan bila saya asyik untuk menjual waktu saya untuk mendapatkan social life-kehidupan sosial maka tak ada waktu yang tersisa untuk memenuhi kebutuhan hidup saya. Maka dari itu hal ini tidaklah adil mengingat saya belum lagi bekerja (menjual tenaga pada kapitalis untuk mendapat uang) dan sementara ini saya mendapat uang dari orang tua yang tidaklah cukup untuk membiayai modal-modal lain untuk memperkuat daya tawar saya terhadap lawan jenis, perawatan tubuh misalnya.

Menuju Masyarakat Penuh Cinta


Ada dialog yang menarik dalam film Libertarias [1996]. Saat milisi revolusioner wanita Perang Sipil Spanyol (sepertinya Mujeres Liberes) yang berhaluan anarkisme/sosial libertarian menggerebek tempat pelacuran dan menyampaikan orasinya, mereka menegaskan bahwa cinta itu bukan untuk dijual (kapitalisme) tetapi cinta itu bebas. Lalu penegasan itu disambut dengan satir oleh sebagian pelacur bahwa para milisi revolusioner ini memang pelacur tapi bukan untuk uang tetapi dengan gratis.

Kritik yang tidak kompeten ini biarlah menjadi PR bagi para libertarian. Namun bagaimana bayangan para libertarian tentang hubungan masyarakat cinta dan masyarakat komune yang tanpa hirarki dan kelas? Apa pemikiran yang menjadi dasar para libertarian untuk bercinta dalam masyarakat komune?

Saya meyakini hubungan percintaan itu selain untuk reproduksi tetapi juga untuk fun, pleasure, kenikmatan dan main-main[3]. Dalam kehidupan sebelum kapitalisme, dalam masyarakat komune, semua karya seni dan budaya dihasilkan manusia setelah masyarakat komune ini bekerja mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mengisi waktu luang[4]. Lalu pertanyaannya kemudian hubungan percintaan itu apakah kebutuhan hidup manusia atau kebutuhan mengisi waktu luang? Nah pertanyaan ini membutuhkan hal objektif sebagai alat untuk menjawabnya dengan benar.

Penutup


Bahwa kesialan dalam kegagalan cinta memanglah berasal karena sistem kapitalisme menjadi langgeng dan hegemonik. Klise memang, toh saya juga iseng untuk menjabarkan penjelasannya. Lalu bila melihat kehidupan masyarakat antitesa kapitalisme, dalam hal ini sosial libertarian/anarkisme jawabannya belum memuaskan. Ditambah kehidupan masyarakat kontemporer tidak ada upaya yang luas untuk menyuntikkan ide-ide sosial libertarian ini. Tulisan ini terbuka untuk dikritik, karena penjabarannya yang pseudo. Semoga menjadi pemicu diskusi yang hangat. Tabik.***



[1] Joe Exorio, Berkenalan Dengan Lawan Jenis | Wikibuku https://id.wikibooks.org/wiki/Berkenalan_dengan_lawan_jenis

[2] libcom.org, Kapitalisme: Sebuah Perkenalan | Jurnal Subjektif http://subyektifzine.blogspot.com/2016/02/kapitalisme-sebuah-perkenalan.html

[3] Nosa Normanda, 5 Alasan Sederhana LGBT Bukanlah Penyakit https://eseinosa.wordpress.com/2016/01/28/5-alasan-sederhana-lgbt-bukan-penyakit/

[4] Martin Suryajaya, Dorongan ke Arah Estetika Partisipatoris | IndoProgress http://indoprogress.com/2016/02/dorongan-ke-arah-estetika-partisipatoris/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar